Promo umkm mekar untuk pinjaman dengan bunga kecil dan pasti langsung cair di tahun 2021

Rate Bunga:

Bunga 2.5%

Pendapatan bulanan:

hingga Penghasilan minimum 3 jt per bulan

Umur peminjam:

Batas usia pemohon dari 21 tahun

Apply untuk peminjaman

UMKM Mekar

Bantuan UMKM Mekar untuk Tambahan Modal Usaha Kaum Wanita

Di Indonesia tidak sedikit para wanita yang memiliki usaha sendiri. Sering kali, usaha milik kaum hawa ini justru dijadikan penopang hidup bagi seluruh anggota keluarga. Tapi, sama halnya dengan jenis usaha pada umumnya, modal untuk memulai atau mengembangkan usaha terkadang sulit dicari. Terutama bagi usaha mikro atau super mikro yang dianggap belum layak dan belum bisa memenuhi persyaratan yang diajukan pihak bank. Karena itulah hadir program bantuan UMKM Mekar untuk membantu para wanita yang memiliki usaha. Sebenarnya apa itu bantuan UMKM Mekar dan siapa penyelenggaranya? 

Mengenal Mekar UMKM

Bantuan UMKM Mekar merupakan program yang diadakan oleh PT Permodalan Nasional Madani (Persero) atau sering disingkat dengan PT PNM. Perusahaan ini dibentuk oleh pemerintah pada tanggal 1 Juni 1999. PT PNM didirikan sebagai salah satu usaha untuk mengatasi krisis moneter yang terjadi sejak tahun 1997 hingga menjelang tahun 2000. Pada tahun 2008, PT PNM melakukan transformasi bisnis dan menjadi lebih fokus pada pelaku usaha mikro dan usaha kecil dengan meluncurkan produk yang dinamakan Unit Layanan Modal Mikro, atau disingkat sebagai PNM ULaMM. 

Untuk mengembangkan dan membuat sistem pendanaannya lebih berkualitas, maka PT PNM mulai mendiversifikasi sumber dananya dengan bekerja sama dengan perbankan dan pasar modal sebagai pihak ketiga. Di tahun 2012 adalah kali pertama PT PNM mendapatkan pendanaan dari pasar modal dengan menerbitkan obligasi. Lalu pada tahun 2015 PT PNM meluncurkan produk baru yang dinamakan PNM Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera atau PNM Mekar. Produk ini sering juga disebut sebagai koperasi Mekar. Berbeda dengan PNM ULaMM, PNM Mekar khusus ditujukan bagi para perempuan prasejahtera yang memiliki usaha ultra mikro daftar bansos UMKM

Siapa yang Bisa Mendapat Bantuan Koperasi Mekar

Meski ditujukan bagi kaum wanita yang memiliki usaha sendiri, tapi tidak semua wanita bisa mendapatkan bantuan dari koperasi Mekar PNM. Hanya perempuan prasejahtera yang memiliki usaha ultra mikro saja yang bisa mendapatkan bantuan ini. Diutamakan para perempuan yang tidak bisa mengakses produk kredit dari perbankan dikarenakan berbagai keterbatasan seperti skala usaha yang terlalu kecil, tidak memiliki agunan, tidak memiliki kartu kredit, dan formalitas lainnya. Kriteria nasabah yang bisa mendapatkan bantuan dari koperasi Mekar BUMN adalah perempuan yang baru akan memulai atau sedang mengembangkan usaha ultra mikro, membentuk kelompok yang minimal terdiri dari 10 anggota dan 1 orang ditunjuk sebagai ketua. 

Pinjaman PNM Mekar tidak memiliki syarat agunan, karena itu sebagai gantinya dibentuk kelompok. Ini sebagai ganti agunan, karena dengan kelompok, maka tanggung jawab pinjaman akan dipikul bersama. Dengan dibentuknya kelompok, diharapkan tercipta kedisiplinan dan rasa gotong royong antara anggotanya. Setiap minggu, wajib diadakan Pertemuan Kelompok Mingguan (PKM) yang dilakukan sebagai wadah pembinaan usaha sekaligus saatnya membayar iuran mingguan. 

Jika telah memenuhi syarat di atas, maka kelompok tersebut bisa mendapatkan bantuan dana untuk usaha masing-masing sekaligus bimbingan untuk memulai, menjalankan dan mengembangkan usaha agar bisa menghasilkan dan membantu keluarga. Dengan begitu, diharapkan para wanita yang mendapat bantuan PNM Mekar bisa mandiri. Cara pengajuan PNM Mekar bisa dilakukan pada agen PNM Mekar yang berada di wilayah masing-masing. 

Koperasi Mekar BUMN Syariah

Selain menyediakan pinjaman dana reguler bagi para perempuan prasejahtera, PNM Mekar juga tersedia dalam versi syariah. Seperti layaknya pinjaman syariah lainnya, PNM Mekar Syariah tidak dikenakan bunga. Akad yang digunakan dalam program PNM Mekar Syariah adalah murabahah atau perjanjian jual beli untuk pembiayaan dengan nasabah. 

PNM akan membelikan barang yang dibutuhkan nasabah lalu menjualnya dengan ditambah margin keuntungan yang wajar dan telah disepakati. Lalu ada akad wakalah, di mana PNM Mekar Syariah memberi kuasa pada nasabah untuk membeli barang sesuai kebutuhan. Terakhir ada akad wadiah, di mana PNM Mekar Syariah menjadi pihak yang dititipkan aset milik nasabah dan nantinya harus dikembalikan. Dengan tersedianya pinjaman reguler dan syariah di tahun 2021, nasabah bisa memilih program UMKM MEKAR yang sesuai dengan kebutuhan.

Cek juga

Rate Bunga:

Bunga mulai dari 0.88% per bulan

Pendapatan bulanan:

hingga Min Rp 3.5 juta

Umur peminjam:

Batas usia pemohon dari 21 tahun

Detail lebih

Rate Bunga:

Suku bunga per bulan 3%

Pendapatan bulanan:

hingga Min gaji Rp 3.5 juta

Umur peminjam:

Minimal berusia 17 tahun

Detail lebih

Rate Bunga:

Bunga mulai dari 1.59% per bulan

Pendapatan bulanan:

hingga Mendapatkan penghasilan paling kecil Rp 2 juta

Umur peminjam:

Berusia minimal 21 tahun - 55 tahun

Detail lebih