Ajukan umkm bri untuk bantuan modal usaha sekarang juga untuk modal usaha dan cicilan per bulan 2021

Rate Bunga:

Bunga mulai dari 1.59% per bulan

Pendapatan bulanan:

hingga Minimal pendapatan 2 jt/ bulan

Umur peminjam:

Berusia minimal 21 tahun - 55 tahun

Apply untuk peminjaman

UMKM BRI

Info Lengkap UMKM BRI: Syarat, Cara Daftar, dan Cara Cek Via E-Form BRI

UMKM BRI merupakan bantuan dana yang diberikan oleh pemerintah yang disalurkan oleh Bank BRI untuk para pelaku UMKM. Bantuan dana ini diberikan oleh pemerintah untuk mendukung kemajuan perekonomian Indonesia, dan membantu para pengusaha kecil mengembangkan usahanya.

Sekilas Tentang UMKM BRI

Cara mengecek UMKM BRI berhubungan dengan programnya. Program ini dilaksanakan oleh kementerian koperasi dan UMKM yang bekerja sama dengan Kementerian Keuangan RI. Untuk penyalurannya, pihak pemerintah menyalurkan bantuan melalui beberapa bank yang ada di Indonesia, termasuk Bank BRI. Bantuan ini sudah berlangsung sejak Agustus 2020 dan masih berlangsung hingga kini di tahun 2021.

Hal tersebut dikarenakan masih terjadinya pandemi Covid-19 di Tanah Air. Dana bantuan ini diberikan khusus pada para pelaku UMKM. Namun agar bisa mendapatkan bantuan ini, para pelaku UMKM harus memenuhi syarat dan ketentuan yang telah ada. besaran dana yang bisa diterima oleh para pelaku UMKM yang terdaftar adalah sebesar Rp1.2 juta.

Bagi para pelaku UMKM yang belum sempat mendapat pinjaman UMKM BRI di tahun 2020, kini masih bisa mengajukan kembali. Sedangkan bagi pelaku UMKM yang sudah menerima bantuan, tidak perlu lagi untuk mengajukan permohonan bantuan lagi. Kebijakan ini diberlakukan agar setiap pelaku UMKM berkesempatan untuk mendapatkan bantuan cek UMKM.

Perlu diketahui, bantuan UMKM Bank BRI disalurkan oleh pihak bank BUMN maupun bank BUMD, serta PT Pos Indonesia. Proses untuk membuat pengajuan bantuan pun bisa dilakukan dengan mudah, sehingga bisa dilakukan oleh semua pelaku UMKM.

Syarat Pengajuan UMKM BRI

Bantuan yang diberikan oleh pemerintah ini hanya tidak bisa diterima oleh semua pihak, karena memiliki syarat dan ketentuan tertentu. Untuk persyaratannya, pemohon pinjaman UMKM BRI harus merupakan seorang WNI dan telah memiliki NIK atau Nomor Induk Kependudukan. Hal terpenting adalah, pemohon harus memiliki usaha mikro atau UMKM.

Berkaitan dengan profesi, pemohon bantuan tidak merupakan seorang Aparatur Sipil Negara (ASN), TNI/Polri, atau karyawan BUMD atau BUMN. Pemohon bantuan tidak sedang menerima pinjaman usaha dari bank atau KUR. Pemohon bantuan BRI UMKM pemilik usaha mikro harus melampirkan SKU jika KTP pribadi berbeda dengan tempat usaha.

Cara Daftar UMKM BRI Online

Mendaftar sebagai calon penerima UMKM BRI bisa dilakukan dengan 2 cara, yakni cara manual dan daring. Pendaftaran secara daring atau online dianggap lebih mudah dan tidak membutuhkan waktu yang lama. Meskipun demikian, tidak sedikit masyarakat yang merasa bingung dengan cara pendaftaran ini. Agar lebih jelas, berikut cara daftar UMKM BRI online:

  • Akses situs resmi OSS

Masuk ke situs OSS melalui Browser dengan mengetik alamat https://oss.go.id

  • Login/daftar akun

Setelah itu masuk ke akun Anda jika sudah memiliki akun. Namun jika belum, silahkan daftar pada menu registrasi untuk membuat akun.

  • Pilih Opsi “Perizinan Usaha”

Kemudian pilih opsi “Perizinan Usaha” lalu pilih “Perorangan”.

  • Pendaftaran NIB

Cara daftar UMKM BRI dilanjutkan dengan melakukan pendaftaran NIB atau Nomor Induk Berusaha, sesuai dengan jenis usaha.

  • Isi Formulir Pengajuan

Berikut, isi formulir yang tersedia dengan lengkap dan valid, lalu klik “simpan” dan “lanjutkan”.

  • Lengkapi Data Usaha

Jika sudah, Anda bisa melengkapi data usaha yang diperlukan dengan kembali ke opsi “tambah usaha”. Pada pengisian data, jenis usaha kecil bisa mengajukan izin lokasi dan lingkungan dengan mengisi bagian formulir komitmen prasarana. Setelah itu, klik “simpan” dan “lanjutkan”.

  • Beri Tanda Ceklis Pada Kolom Disclaimer

Kemudian beri tanda ceklis atau centang pada kolom disclaimer yang tersedia.

  • Klik “Proses NIB”

Pada proses akhir prosedur daftar UMKM BRI, Anda bisa memilih opsi “Proses NIB”.

Bawa serta E-KTP Anda saat akan melakukan verifikasi langsung sebagai calon penerima bantuan UMKM BRI. Namun jika NIK tidak terdaftar, maka notifikasi yang muncul di layar smartphone Anda menyatakan NIK tersebut tidak terdaftar.

Bantuan dana dari pemerintah ini sangat cocok untuk para pelaku UMKM yang sedang membutuhkan pinjaman dana untuk mengembangkan usahanya. Jika Anda termasuk sebagai salah satu pelaku UMKM yang membutuhkan dana, silahkan ajukan permohonan bantuan UMKM BRI.

Cek juga

Rate Bunga:

Bunga mulai 3%

Pendapatan bulanan:

hingga Dari 3 juta/ bulan

Umur peminjam:

21 tahun

Detail lebih

Rate Bunga:

Bunga 10 % per tahun

Pendapatan bulanan:

hingga Pendapatan per bulan RP 4 juta

Umur peminjam:

Usia min 21 tahun

Detail lebih

Rate Bunga:

Bunga 3.4%

Pendapatan bulanan:

hingga Berpenghasilan Rp 2 juta

Umur peminjam:

Berumur 20 tahun

Detail lebih