Ajukan daftar umkm sekarang juga untuk mendapatkan pinjaman modal usaha bunga kecil 2021

Rate Bunga:

Mulai dari 0.79% per bulan

Pendapatan bulanan:

hingga Gaji minimal 2 juta/ bulan

Umur peminjam:

Minimal usia 21 tahun

Apply untuk peminjaman

Daftar UMKM

Daftar UMKM dan Dapatkan Bantuannya Dengan Mudah

Kini semakin banyak masyarakat Indonesia yang mengembangkan usahanya sendiri. Ini adalah hal yang baik bagi pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Masyarakat yang kreatif dan mau mengembangkan usaha mereka dengan kemampuan sendiri memiliki berbagai dampak positif. Di antaranya adalah dapat membuka lapangan pekerjaan yang lebih luas. Meskipun usaha yang dijalankan berukuran mikro, jika mempekerjakan setidaknya 1 orang pegawai, ini membantu mengurangi pengangguran. 

Kelihatannya kecil, tapi jika banyak Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang berkembang, maka banyak orang yang belum memiliki pekerjaan bisa terbantu. UMKM sangat penting untuk mengatasi masalah ekonomi bagi masyarakat kecil dan menengah. 

Meski begitu, membangun usaha sendiri bukanlah hal yang mudah karena setiap usaha pasti butuh modal. Pemerintah Republik Indonesia menyadari pentingnya keberadaan UMKM di Indonesia. Karena itu, pemerintah mengadakan program Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang ditujukan khusus bagi para pegiat UMKM. Bagaimana cara daftar UMKM BLT ini? Sebelumnya, mari kenali lebih jauh mengenai program yang sudah dijalankan sejak tahun 2020 ini di cara mengecek UMKM bri

Mengenal Bansos UMKM

BLT UMKM merupakan bantuan sosial dari pemerintah berupa uang tunai yang khusus diberikan pada pemilik UMKM yang produktif dan layak menurut syarat dan ketentuan yang berlaku. Bantuan UMKM ini dijalankan oleh kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah sejak tahun 2020. Tujuan diadakannya BLT UMKM adalah untuk memberi dukungan bagi para pegiat UMKM yang terkena dampak pandemi virus COVID-19. Pandemi yang telah berlangsung secara global sejak awal tahun 2020 ini tak bisa dipungkiri telah mempengaruhi sektor perekonomian hampir semua negara di dunia. Di Indonesia, salah satu yang terkena dampaknya adalah para pemilik UMKM. 

Untuk tetap menyemangati dan membuat para pengusaha tetap semangat dalam berkreasi dan berkarya, pemerintah membuat program ini. Pada saat pertama kali dikeluarkan, BLT UMKM jumlahnya adalah Rp 2.4 juta per orang. Meski sudah banyak yang mendapatkan bantuan ini, ternyata pemerintah belum bisa menyalurkan bantuan kepada seluruh target. Karena itu, program ini kembali diadakan di tahun 2021. Lalu apakah programnya sama saja dengan BLT UMKM 2020?

Cara Daftar UMKM BLT Tahun 2021

BLT UMKM adalah lanjutan dari program BLT UMKM dari tahun 2020. Tapi program yang dijalankan di tahun 2021 ini mengalami beberapa perubahan. Di antaranya adalah jumlah bantuan yang lebih sedikit menjadi setengahnya dibanding tahun lalu, tepatnya adalah Rp 1.2 juta per orang. Ini karena pemerintah ingin memberikan bantuan kepada lebih banyak pegiat UMKM, sehingga untuk mewujudkannya maka jumlah bantuan diperkecil. 

Bantuan bagi pengusaha UMKM ini telah dilangsungkan sejak awal tahun 2021 dan masih berjalan karena dilakukan secara bertahap. Di awal bulan Mei, penyaluran BLT UMKM telah berhasil mencapai 88% dari target pemerintah sebanyak 9.8 juta usaha. Jadi sudah ada 8.6 juta usaha yang sudah menerima BLT. Jika Anda termasuk pegiat UMKM tapi belum membuat pendaftaran untuk menjadi penerima BLT, Anda belum terlambat. Para pegiat UMKM masih bisa daftar BLT UMKM online. Bagaimana caranya dan apa saja syarat yang harus dipenuhi? Simak infonya di bawah ini.

Ini Dia Cara Daftar BLT UMKM Online

Bagi para pegiat UMKM bisa mendaftarkan usahanya untuk mendapatkan BLT dengan cara menyiapkan data berupa Nomor Indeks Kependudukan sesuai yang tertera di KTP elektronik, nomor Kartu Keluarga, nama lengkap, alamat lengkap, bidang usaha, nomor telepon yang aktif dan mudah dihubungi, serta Surat Keterangan Usaha atau Nomor Induk Berusaha. 

Syarat yang harus dipenuhi adalah pemohon berstatus kewarganegaraan sebagai WNI yang bisa dibuktikan dengan kepemilikan KTP elektronik, memiliki usaha mikro aktif, tidak berstatus sebagai ASN, TNI, POLRI, atau bekerja di BUMN maupun BUMD, dan tidak sedang menerima pinjaman perbankan untuk modal usaha. Jika sudah mendaftar dan ingin cek status, maka cara mengecek BLT UMKM bisa dilakukan secara online lewat situs BRI, tepatnya di eform,bri.co.id/bpum. Cara daftar UMKM BLT dan cara pengecekan yang mudah membuat banyak pegiat UMKM bisa terbantu. 

Cek juga

Rate Bunga:

Bunga 2.5%

Pendapatan bulanan:

hingga Penghasilan minimum 3 jt per bulan

Umur peminjam:

Batas usia pemohon dari 21 tahun

Detail lebih

Rate Bunga:

Bunga 2% per bulan

Pendapatan bulanan:

hingga Minimal pendapatan 2 jt/ bulan

Umur peminjam:

Usia minimal 20 tahun

Detail lebih

Rate Bunga:

Mulai dari 0.79% per bulan

Pendapatan bulanan:

hingga Gaji minimal 2 juta/ bulan

Umur peminjam:

Minimal usia 21 tahun

Detail lebih