Pengajuan blt umkm atau bantuan langsung tunai untuk umkm tanpa jaminan dan tanpa cicilan akan langsung cair di tahun 2021

Rate Bunga:

0.06% per hari

Pendapatan bulanan:

hingga Minimum pendapatan 3 juta

Umur peminjam:

Berusia minimal 21 tahun - 55 tahun

Apply untuk peminjaman

BLT UMKM

BLT UMKM Sebagai Solusi Kurangnya Pendanaan Saat Pandemi

Pandemi yang diakibatkan oleh virus Corona telah berlangsung sejak awal tahun 2020. Dengan banyaknya sistem yang ditutup, maka berbagai sektor industri tak pelak mengalami penurunan omzet. Bagi usaha besar yang sudah memiliki banyak modal dan dana cadangan, berkurangnya pemasukan mungkin tidak menjadi masalah besar. Tapi bagi pemilik Usaha Mikro Kecil dan Menengah, tentu akan mengalami perubahan yang besar. Tak sedikit usaha yang terpaksa gulung tikar, atau setidaknya harus mengurangi jumlah pegawai. 

Akibatnya, banyak orang yang kehilangan pekerjaan. Secara keseluruhan jika keadaan ini dibiarkan maka akan sangat berpengaruh pada kondisi perekonomian negara. UMKM sangat membantu dalam membuka lapangan kerja. Masyarakat tidak perlu lagi bergantung pada pekerjaan kantoran, tapi bisa mendapatkan alternatif lain dalam mencari pendapatan. Lapangan kerja yang lebih luas berpengaruh pada peningkatan kesejahteraan lapisan masyarakat menengah ke bawah. Secara lebih luas, keberadaan UMKM sangat esensial bagi kemampuan menyediakan barang dan jasa bantuan UMKM mekar

Ini sangat berpengaruh pada nilai Produk Domestik Bruto, yang menunjukkan kekuatan ekonomi sebuah negara. Pemerintah Republik Indonesia mengetahui peran penting UMKM, karena itu selalu mengadakan program untuk mendukung UMKM. Salah satunya adalah dengan Bantuan Langsung Tunai atau BLT UMKM. Sebelum mengetahui cara daftar bantuan BLT UMKM, mari pahami dulu mengenai BLT UMKM. 

BNI dan BRI BLT UMKM

Melalui Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah, pemerintah mengadakan program penyaluran dana tunai untuk pegiat UMKM di seluruh Indonesia. Tentu tidak semua pengusaha bisa menerima bantuan ini, hanya yang termasuk ke dalam kriteria saja yang bisa menerimanya. BLT UMKM pertama kali diselenggarakan pemerintah pada pertengahan kedua tahun 2020 untuk menjawab kesulitan pegiat UMKM di masa pandemi. Di tahun 2020, jumlah dana yang diterima adalah Rp 2.4 juta per kepala. Target pemerintah adalah 12 juta pegiat UMKM. 

Penyaluran BLT dilakukan lewat bank milik negara, di antaranya adalah BLT UMKM BRI dan BNI. Penyaluran dilakukan secara bertahap. Tahap pertama dilakukan di bulan Agustus hingga September 2020, lalu tahap kedua dimulai pada bulan Oktober hingga November 2020. Meski telah dibagi menjadi 2 tahap, ternyata target belum bisa terpenuhi. Karena itu, pemerintah kembali mengadakan penyaluran tahap 3 di tahun 2021.

Cara Daftar BLT UMKM Online

Meski merupakan program BLT UMKM lanjutan dari tahun sebelumnya, BLT UMKM tahap 3 mengalami beberapa perubahan. Di antaranya adalah proses seleksi yang lebih ketat. Kali ini, bantuan fokus ditujukan bagi pelaku usaha mikro agar bantuan diterima oleh pihak yang tepat dan benar-benar membutuhkan. Selain itu, jumlah dana yang diterima per orang lebih kecil menjadi setengahnya, tepatnya sebesar Rp 1.2 juta per kepala. Meski demikian, pemerintah memperbanyak target penerima. Karena itu, pihak penyalur dana pun ikut ditambah. 

Cara pengajuan BLT UMKM masih sama, yaitu melalui Dinas Kemenkop UKM tingkat kabupaten/kota. Meski cara online jauh lebih praktis, tapi tidak semua dinas kabupaten/kota bisa menyediakan layanan ini. Karena itu, di beberapa daerah pendaftaran tetap harus dilakukan secara online. Syarat yang harus dipenuhi adalah pemohon harus berstatus sebagai WNI, memiliki KTP, memiliki usaha mikro yang aktif, bukan berstatus sebagai PNS, TNI, POLRI, bukan pegawai BUMN maupun BUMD, dan menyertakan Surat Keterangan Usaha. 

Cara Mengecek Penerima UMKM di BNI dan BRI

Saat melakukan pendaftaran secara online maupun offline, data yang harus diisi adalah nama lengkap, alamat tempat tinggal, nomor telepon aktif, Nomor Induk Kependudukan yang sesuai dengan KTP, nomor Kartu Keluarga, dan bidang usaha yang sedang dijalankan. Jika sudah terdaftar, Anda bisa cek penerima BLT UMKM. Cara mengecek penerima bantuan UMKM bisa dilakukan via online. Cara mengecek BLT UMKM sangat mudah. Langsung saja menuju alamat eform.bri.co.id/bpum atau eform.bni.co.id/bpum. Masukkan NIK pada kolom yang sudah tersedia, lalu klik Check Inquiry. Info mengenai diterima atau tidaknya Anda ke dalam daftar penerima BLT UMKM akan langsung muncul di layar. Cara pendaftaran dan mengecek BLT UMKM via online sangat mudah.

Cek juga

Rate Bunga:

Bunga mulai dari 0.88% per bulan

Pendapatan bulanan:

hingga Gaji minimal Rp 4 Juta

Umur peminjam:

Minimal usia 21 tahun

Detail lebih

Rate Bunga:

0.06% per hari

Pendapatan bulanan:

hingga Minimum pendapatan 3 juta

Umur peminjam:

Berusia minimal 21 tahun - 55 tahun

Detail lebih

Rate Bunga:

Mulai dari 2% setiap bulan

Pendapatan bulanan:

hingga Min 3 Juta

Umur peminjam:

Batas paling minim 17 tahun

Detail lebih