Pengajuan bantuan umkm untuk usaha mikro dan menengah terbaru dengan pembaran setiap bulan 2021

Rate Bunga:

Bunga mulai dari 0.88% per bulan

Pendapatan bulanan:

hingga Gaji minimum Rp 3 juta / bulan

Umur peminjam:

Usia 21 sampai 55 tahun

Apply untuk peminjaman

Bantuan UMKM

Daftar Bantuan UMKM untuk Lancarkan Usaha di Tengah Pandemi

Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) merupakan bagian penting dari perekonomian di Indonesia. UMKM membuat masyarakat Indonesia lebih kreatif dan mandiri, tanpa harus selalu bergantung pada pekerjaan kantoran. Dengan memiliki usaha sendiri, masyarakat jadi lebih inovatif, lebih berani mengambil resiko, dan otomatis menjadi perencana. Perkembangan UMKM juga sangat penting bagi perekonomian Indonesia karena dengan adanya UMKM, maka bisa membuka lebih banyak lapangan kerja. 

Meski usaha yang dilakukan ukurannya mikro dan hanya mempekerjakan 1 orang pegawai saja, tapi ini sudah bisa membantu 1 orang penduduk untuk memiliki penghasilan sendiri. Jika ada banyak usaha yang bisa berkembang, maka ada banyak pengangguran yang terbantu. UMKM juga punya andil dalam meningkatkan Produk Domestik Bruto (PDB) di Indonesia. PDB merupakan kemampuan negara dalam memproduksi barang maupun jasa, yang bisa dijadikan ukuran kekuatan ekonomi suatu negara. Menyadari pentingnya keberadaan UMKM bagi negara, pemerintah Indonesia mengadakan program bantuan UMKM di tahun 2020. Apa itu dan bagaimana cara daftar bantuan UMKM? Dapatkan info singkatnya di bawah ini cara daftar UMKM

Daftar Bantuan UMKM dari Pemerintah

BLT adalah Bantuan Langsung Tunai, sebuah program yang dibuat pemerintah untuk membantu perekonomian kalangan masyarakat tertentu. Jadi BLT UMKM adalah program bantuan yang khusus dibuat pemerintah untuk para pegiat UMKM. Program ini pertama kali dibuat pada tahun 2020 sebagai jawaban pemerintah dari masalah yang dihadapi pegiat UMKM di saat pandemi yang diakibatkan virus COVID-19 melanda. Banyak pengusaha di Indonesia yang mengalami kesulitan di tengah pandemi, bahkan tak sedikit yang harus menutup usahanya. 

Untuk menghentikan hal ini kerap terjadi, maka pemerintah membuat program BLT UMKM 2020 yang diprakarsai oleh Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah. Program ini mendapat tanggapan positif, tetapi belum bisa mencapai target sepenuhnya di tahun 2020. Karena itu, program kembali diadakan di tahun 2021. Apakah BLT UMKM 2020 dan 2021 sama saja atau terdapat perbedaan? Simak juga cara mendaftar bantuan UMKM berikut ini. 

Cara Daftar Bantuan UMKM

BLT UMKM di tahun 2020 berupa dana tunai sebesar Rp 2.4 juta yang diberikan kepada pemilik UMKM yang telah terdaftar di Dinas Kementerian Koperasi dan UKM tingkat kabupaten atau kota. Di tahun 2021, pihak yang berwenang ingin memberikan bantuan kepada lebih banyak pengusaha, karena itu jumlah bantuannya dipangkas, tetapi targetnya diperbanyak. Untuk melancarkan hal ini, pihak yang menyalurkan BLT pun diperbanyak. Salah satunya adalah BRI. Tahun ini, targetnya adalah sebanyak 9.8 juta usaha dengan masing-masing mendapat Rp 1.2 juta. 

Lalu bagaimana cara daftar BLT UMKM online? Sebelumnya perlu diketahui bahwa tidak semua Dinas Kemenkop dan UKM menyediakan cara daftar bantuan UMKM online. Ada beberapa daerah yang tetap harus mendatangi dinas di tingkat kabupaten atau kota secara langsung. Pada dasarnya, cara daftar BLT UMKM online maupun offline harus mengisi data berupa Nomor Induk Kependudukan (NIK), nomor Kartu Keluarga, nama lengkap, alamat lengkap, bidang usaha, dan nomor telepon. Selain itu ada beberapa syarat yang harus dipenuhi dalam cara daftar bantuan UMKM secara online dan offline, yaitu pemohon merupakan WNI yang memiliki KTP asli, memiliki usaha mikro, tidak berstatus sebagai ASN, TNI, POLRI, bukan pegawai BUMN/BUMD, tidak sedang menerima pinjaman modal usaha di bank, dan melampirkan Surat Keterangan Usaha. 

Cara Cek Daftar Penerima Bantuan UMKM

Setelah tahu cara daftar online bantuan UMKM dan menyelesaikannya, maka tentu Anda ingin cek apakah Anda sudah masuk ke dalam daftar penerima bantuan UMKM 2021 atau belum. Cara mengeceknya mudah saja. Cukup kunjungi eform.bni.co.id/bpum atau eform.bri.co.id/bpum, lalu lakukan registrasi jika belum terdaftar. Jika sudah, Anda akan diminta memasukkan NIK. Kemudian di layar akan muncul keterangan apakah Anda sudah layak dan masuk daftar penerima BLT UMKM tahun 2021 atau belum. Jika sudah, tinggal tunggu dana cair dengan mengikuti prosedur yang telah diatur. Jika belum, berarti usaha Anda belum dianggap sesuai dengan persyaratan. 

Cek juga

Rate Bunga:

Bunga 2.5%

Pendapatan bulanan:

hingga Mulai dari 2 juta/ bulan

Umur peminjam:

Berusia min 21 tahun

Detail lebih

Rate Bunga:

Mulai dari 2% setiap bulan

Pendapatan bulanan:

hingga Min 3 Juta

Umur peminjam:

Batas paling minim 17 tahun

Detail lebih

Rate Bunga:

Suku bunga dari 3 - 5% / bulan

Pendapatan bulanan:

hingga Minimal pendapatan 3 juta/ bln

Umur peminjam:

Umur 17 tahun

Detail lebih