pengajuan bansos umkm untuk modal usaha tanpa jaminan dan syarat mudah dengan bungan kecil 2021

Rate Bunga:

Mulai dari 1.45% per bulan

Pendapatan bulanan:

hingga Min 3 jt/ bulan penghasilan

Umur peminjam:

Minimal usia 21 tahun

Apply untuk peminjaman

Bansos UMKM

Bansos UMKM untuk Atasi Kesulitan Modal Usaha

Pemerintah Republik Indonesia sangat mendukung keberadaan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan koperasi di Indonesia. Karena itu dibentuk kementerian khusus yang menangani UMKM dan koperasi di Indonesia. Sekecil apa pun sebuah usaha, ini merupakan wujud kreativitas masyarakat Indonesia. Dengan tetap mendapat dukungan dari pemerintah, masyarakat akan lebih semangat untuk berkreasi dan berinovasi dalam mengembangkan sebuah usaha, sehingga tidak melulu bergantung pada pekerjaan di balik meja. 

UMKM bahkan menjadi penyumbang paling besar dalam nilai Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia. PDB merupakan kemampuan suatu negara dalam memproduksi atau menyediakan barang dan jasa. Hal ini berkaitan erat dengan kekuatan ekonomi suatu negara. Jadi, keberadaan UMKM bukan hanya sekedar membuka lapangan kerja yang lebih luas saja, tapi lebih besar dari itu. 

Dengan berkembangnya UMKM juga bisa menjadi solusi bagi masyarakat kelas menengah ke bawah untuk memperbaiki kualitas hidup. Pemerintah menyediakan berbagai program untuk mendukung perkembangan UMKM. Setelah pandemi yang diakibatkan oleh virus Corona yang terjadi sejak awal tahun 2020, pemerintah juga menyediakan Bantuan Sosial atau Bansos UMKM. Bantuan ini fokus ditujukan bagi pegiat UMKM di Indonesia yang terkena dampak pandemi. Seperti apa bentuknya dan bagaimana cara daftar Bansos UMKM? Dapatkan infonya berikut ini cara daftar UMKM

Info Bansos UMKM Lengkap

Pandemi yang telah berlangsung lebih dari satu tahun ini membawa dampak besar bagi sektor ekonomi global secara umum. Tak terkecuali, para pengusaha UMKM di Indonesia juga terkena dampaknya. Untuk menghindari semakin usaha yang harus gulung tikar dan mematikan sebagian perekonomian di Indonesia, pemerintah mengadakan UMKM Bansos yang pertama kali diselenggarakan di paruh kedua tahun 2020. Program ini dikepalai oleh Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah dan penyalurannya dilakukan oleh dinas yang bersangkutan di tingkat kabupaten/kota. 

Agar saluran tepat sasaran, Kemenkop dan UKM bekerjasama dengan beberapa bank pemerintah seperti BRI dan BNI dalam menyalurkan dana. Di tahun 2020, setiap pegiat UMKM yang telah terdaftar di tingkat kabupaten/kota mendapatkan dana sebesar Rp 2.4 juta. Meski sudah banyak yang merasa terbantu, tapi ternyata pemerintah belum berhasil mencapai target. karena itu, program ini pun kembali dilanjutkan di tahun 2021. Jadi bagi pegiat UMKM yang di tahun sebelumnya belum sempat mendaftar atau sudah mendaftar tapi belum menerima dana bantuan, tahun ini bisa mendaftarkannya. 

Ini Dia Cara Daftar Bansos UMKM

Perlu diketahui bahwa terdapat beberapa perubahan kebijakan pada penyelenggaraan Bansos UMKM tahun 2021. Perubahan yang pertama adalah pada jumlah dana yang disalurkan menjadi Rp 1.2 juta per orang. Perubahan yang kedua, bantuan di tahun ini lebih ditujukan kepada pegiat usaha mikro dan super mikro. Tujuannya adalah agar Bansos UMKM benar-benar tepat sasaran dan diberikan kepada pihak yang benar-benar membutuhkan. 

Cara daftarnya bisa dilakukan secara online maupun offline di Dinas Kemenkop dan UKM tingkat kabupaten/kota. Tidak semua dinas melayani pendaftaran Bansos UMKM via online. Namun pada dasarnya untuk mendaftar langkahnya sama. Pemohon harus mengisi data yang berisi Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang ada di KTP, nomor Kartu Keluarga, nama lengkap, alamat tempat tinggal, bidang usaha, dan Surat Keterangan Usaha. Sementara syarat untuk daftar Bansos UMKM adalah pemohon berstatus sebagai WNI, memiliki KTP elektronik atau KTP biasa yang asli (bukan fotokopi), memiliki usaha mikro yang produktif, tidak berstatus sebagai ASN, TNI, POLRI, dan bukan pegawai BUMN atau BUMD, dan tidak sedang menerima pinjaman modal usaha dari bank.

Cara Cek Daftar Penerima Bansos UMKM Online

Setelah membuat pendaftaran, Anda bisa cek daftar penerima Bansos UMKM BRI atau BNI dengan cara mengunjungi eform.bri.co.id/bpum atau eform.bni.co.id. Jika sebelumnya sudah pernah mendaftar, tinggal masukkan NIK pada kolom yang tersedia. Kemudian di layar akan tampil keterangan apakah Anda sudah masuk ke dalam daftar penerima Bansos UMKM 2021 atau belum. Jika sudah, maka Anda tinggal mengikuti prosedur pencairan bantuan yang bisa dilakukan di BRI atau BNI. 

Cek juga

Rate Bunga:

2% per bulan

Pendapatan bulanan:

hingga Gaji minimum Rp 3 juta / bulan

Umur peminjam:

Usia paling minim 25 tahun

Detail lebih

Rate Bunga:

Bunga per bulan 3%

Pendapatan bulanan:

hingga gaji min 4 juta

Umur peminjam:

Min umur 19 tahun

Detail lebih

Rate Bunga:

0.06% per hari

Pendapatan bulanan:

hingga penghasilan mulai Rp 2.5 juta

Umur peminjam:

Berusia minimal 21 tahun - 55 tahun

Detail lebih