Perencanaan keuangan keluarga atau perencanaan keuaangan pribadi dan perusahaan adalah contoh tabel perencanaan keuangan keluarga 2021

Melakukan Perencanaan Keuangan Secara Bijak

Ada beberapa tahap dalam melakukan perencanaan keuangan secara bijak. Proses pertama yang harus dilakukan adalah tahapan melihat keadaan diri sendiri secara pribadi. Dalam hal ini, yang dimaksud pada proses perencanaan keuangan tahap pertama adalah dengan melakukan screening kehidupan pribadi yang dimulai dari status pekerjaan dan pernikahan, jumlah anggota keluarga yang ditanggung, sampai pada kondisi kesehatan apakah sedang melakukan perawatan medis secara rutin atau tidak. 

Setelah itu, proses perencanaan keuangan selanjutnya adalah dengan menulis rencana kehidupan selanjutnya beserta pengeluaran maupun pemasukan setiap bulannya dalam satu atau beberapa tahun ke depan. Tahap terakhir adalah yang terpenting, yaitu melaksanakan semua perencanaan keuangan yang telah disusun tersebut secara disiplin dan berkelanjutan, serta rutin melakukan reviu apabila ada perubahan pemasukan maupun pengeluaran mendadak. 

Pentingnya Perencanaan Keuangan Keluarga 

Bagi yang telah berkeluarga, perencanaan keuangan adalah hal utama yang harus terpantau dan dilakukan dengan kompak oleh seluruh anggota keluarga. Hal utama yang harus dilakukan sebelum merumuskan perencanaan keuangan keluarga adalah adanya keterbukaan sesama anggota keluarga tentang pemasukan dan pengeluaran setiap bulannya sehingga tidak akan memicu kesalahpahaman dan menimbulkan masalah keuangan yang serius. 

Misalnya adalah pada sebuah keluarga muda yang terdiri dari sepasang suami-istri baru. Harus dipahami bahwa setelah menjadi sepasang suami-istri, rencana keuangan yang terdiri dari pemasukan dan pengeluaran dalam keluarga tersebut adalah menjadi tanggung jawab bersama, sehingga suami-istri harus dapat menentukan prioritas apa yang harus diutamakan dalam kelangsungan hidup keluarga. 

Biasanya, hal-hal prioritas di dalam perencanaan keuangan keluarga adalah mengenai cicilan tempat tinggal, asuransi kesehatan, cicilan alat transportasi, biaya pendidikan anak, dan bahkan rencana investasi jangka panjang. Hal-hal seperti itu harus didiskusikan serius dan menjadi poin penting dalam perencanaan keuangan keluarga. Selain itu, catatan keuangan keluarga juga hal yang harus diperhatikan karena dengan adanya tabel perencanaan keuangan keluarga, maka perencanaan keuangan keluarga akan terlihat dengan jelas tanpa adanya kesalahan. Berbagai macam contoh tabel perencanaan keuangan keluarga tersebar di berbagai situs atau laman internet, sehingga sudah bukan menjadi masalah untuk membuat perencanaan keuangan keluarga dengan jelas dan tertata.  

Menyempurnakan Perencanaan Keuangan Pribadi 

Ada beberapa cara atau tips untuk menyempurnakan perencanaan keuangan pribadi. Salah satunya adalah melakukan evaluasi keuangan pribadi. Yang dilakukan dalam menyempurnakan perencanaan keuangan pribadi adalah dengan mencatat seluruh pengeluaran dan pemasukan secara rapi dan tersusun sehingga tidak ada satupun laporan yang tertinggal. Selanjutnya adalah dengan membuka rekening baru, sehingga rekening yang dimiliki tidak hanya berasal dari satu bank saja. 

Tujuan adanya rekening triple di tiga bank berbeda adalah untuk membagi pengeluaran kebutuhan hidup. Misalnya, rekening utama sebagai rekening tabungan dan investasi. Sisihkan setengah persen dari pendapatan untuk disimpan di dalam rekening utama dan jangan pernah mengambil uang di rekening bank tersebut. Rekening kedua adalah untuk menyimpan pengeluaran yang digunakan sebagai biaya kehidupan sehari-hari. Dengan begitu, perencanaan keuangan pribadi akan lebih jelas dan teratur. Jika pendapatan yang didapat bernominal cukup besar, pembukaan rekening ketiga dapat diterapkan di dalam perencanaan keuangan pribadi. Rekening ketiga dapat dimanfaatkan untuk menyimpan sejumlah uang sebagai biaya kebutuhan tersier seperti rekreasi dan pemberian reward untuk diri sendiri. 

Detail Perencanaan Keuangan Perusahaan 

Agar pembukuan keuangan pada sebuah perusahaan tidak mengalami kesalahan, maka dibutuhkan perencanaan keuangan perusahaan yang matang. Dengan melakukan perencanaan keuangan perusahaan yang matang, maka dapat dipastikan bahwa perusahaan tersebut akan memiliki perencanaan biaya operasional yang sesuai dan jelas. Dengan begitu, sebuah perusahaan dapat memantau bagaimana perusahaan tersebut berjalan sesuai target. Selain itu, dengan melakukan perencanaan keuangan perusahaan, seluruh karyawan dapat melihat potensi kesuksesan bisnis yang sedang dijalankan. 

Melalui hal tersebut akhirnya dapat diketahui bagaimana sebuah perusahaan dapat mengevaluasi perkembangan bisnisnya hanya dengan cara rutin memantau perencanaan keuangan perusahaan. Ada cara lain yang juga cukup penting untuk dimasukkan di dalam perencanaan keuangan perusahaan, salah satu contohnya adalah pengalokasian aset. Hal tersebut cukup penting dilakukan guna mengurangi resiko yang mungkin dapat ditimbulkan di kemudian hari. Dengan adanya perencanaan keuangan perusahaan, maka perusahaan yang sedang berjalan akan dapat melihat jauh ke depan solusi-solusi yang ada akibat masalah keuangan yang tiba-tiba muncul.