Perbedaan kartu atm chip dan magnetic stripe atau kartu mandiri debit chip dengan kartu atm chip bca 2021

Ketahui Perbedaan Kartu ATM Chip dan Magnetic Masa Kini

Himbauan Bank Indonesia mengenai penggunaan kartu ATM dengan chip untuk menggantikan kartu magnetic dengan stripe hitam di belakangnya sudah berlangsung lebih dari 3 bulan yang lalu. Hingga nanti bulan Desember 2021, kartu ATM dengan pita hitam tidak akan  bisa lagi digunakan kecuali untuk beberapa jenis transaksi seperti menerima bantuan atau menyimpan uang dengan limit kecil saja. Pemblokiran penggunaan kartu ATM magnetic ini dilakukan karena ada perbedaan kartu ATM chip dan magnetic yang cukup besar.

Kartu ATM chip punya keamanan yang jauh lebih tinggi, sehingga jelas akan melindungi pengguna dengan lebih baik dibanding kartu ATM magnetic stripe. Mengapa demikian? Sebab data nasabah yang ada di dalam kartu ATM chip sulit untuk dicopy atau digandakan, jadi tidak akan bisa dimanfaatkan oleh oknum tidak bertanggung jawab untuk penipuan.

Perbedaan Kartu ATM Chip dan Magnetic dari Segi Keaslian 

Tahukah Anda jika saat ini kartu ATM Mandiri chip sudah lebih aman dibanding jenis kartu ATM lama yang ada. Melalui sistem yang sudah ditingkatkan, kini akan makin sulit untuk oknum penipu dalam memalsu, menggandakan, atau mengcopy data dari nasabah. Secara tidak langsung, hal ini tentu lebih menguntungkan bagi nasabah sekaligus bank pemilik kartu karena bisa terbebas dari penipuan. Selain pada kartu Mandiri, kartu ATM BCA chip juga telah menggunakan teknologi yang sama sehingga juga jauh lebih aman digunakan. Seluruh sistem verifikasi ini memang tidak dapat dilihat biasa, namun dapat dicek menggunakan teknologi tertentu. 

Perbedaan Kartu ATM Chip dan Magnetic dari Wujud Fisik

Kalau dilihat sekilas, bentuk dari ATM ini sebenarnya tidak jauh berbeda. Namun memang ada beberapa perubahan kecil di kartunya. Untuk kartu ATM dengan chip, bagian belakangnya memiliki tampilan mirip dengan sim card pada smartphone. Nah, kalau kartu ATM magnetic di bagian belakangnya terdapat 3 strip atau garis memanjang berwarna hitam. Hal yang sama juga berlaku pada kartu ATM mandiri debit chip dan magnetic, jadi tinggal cek bagian belakangnya saja untuk mengetahui perbedaannya.

Perbedaan Kartu ATM Chip dan Magnetic dari Segi Efisiensi Aplikasi

Dari segi efisiensi penggunaan ATM Mandiri chip, jauh lebih baik karena beberapa aplikasi  bisa digunakan dalam waktu berbarengan. Aplikasi ini mungkin tidak banyak diketahui nasabah, karena memang merupakan wewenang bank penerbit. Sebaliknya, kartu ATM jadul hanya bisa berjalan dengan satu aplikasi saja yang tentu merepotkan untuk pihak bank. Aplikasi yang dimaksud berhubungan dengan keamanan dan manajemen oleh pihak penerbit kartu, jadi memang tidak bisa diketahui oleh nasabah biasa.

Perbedaan Kartu ATM Chip dan Magnetic dari Segi Biaya Admin

Selain Mandiri, ada juga selisih biasa untuk kartu ATM chip BCA baik ketika pertama kali mendapatkan atau mengganti kartu yang hilang atau rusak. Tambahan biaya ini dikarenakan Kartu debit chip Mandiri memang menggunakan inovasi teknologi yang lebih canggih. Misalnya saja untuk mendapatkan kartu debit magnetic Anda dikenakan biaya 10 ribu Rupiah, maka untuk versi chip biaya yang dibayarkan adalah 15 ribu atau lebih. Perbedaan harga ini seakan menjadi tanda bahwa kartu ATM chip memang lebih unggul daripada versi magnetic.

Adanya peningkatan keamanan pada kartu chip dan magnetic merupakan salah satu alasan mengapa BI mengajak seluruh nasabah untuk berganti kartu. Ingat, pergantian dari kartu ATM magnetic ke chip paling lambar di akhir tahun ini, atau pada tanggal 31 Desember 2021

Untuk Anda yang tidak punya waktu mengganti kartu ke bank, maka cobalah hubungi pihak bank untuk mengetahui sistem lain yang mungkin lebih praktis, seperti pengisian data dan permohonan ganti kartu secara online. Dengan cara ini, Anda jadi bisa mendapatkan kartu ATM baru yang jauh lebih aman dengan cara mudah. Jangan biarkan kartu lama Anda jadi mengganggu proses transaksi, sebab nantinya kemungkinan makin banyak mesin EDC yang hanya bisa menerima kartu ATM baru saja.