Cara menjadi dropshipper di shopee atau cara menjadi dropship si shopee 2021

Mau Bisnis Tanpa Modal, Kenalan Dulu dengan Cara Menjadi Dropshipper

Membangun bisnis yang dijalankan sendiri sering dianggap sebagai peluang mendapatkan pemasukan yang lebih menjanjikan ketimbang menjadi karyawan kantoran. Memang ada banyak tantangan di sana seperti harus kreatif dan menanggung segala resikonya sendiri, tapi kebebasan dalam menentukan arah bisnis dan juga pengambilan keuntungan nampaknya menjadi daya tarik yang lebih menggiurkan. Bahkan ketika Anda nyaris tidak memiliki modal usaha, selalu ada jalan untuk berbisnis misalnya saja dengan melakukan cara menjadi dropshipper. 

Pebisnis online tentunya harus familiar dengan istilah dropship yang artinya adalah model bisnis yang menjembatani produsen dan konsumen, dimana produksi dan pengiriman barang menjadi tanggung jawab produsen itu sendiri. Ketika produsen mengirimkan barang pesanan ke konsumen, nama Anda akan dicantumkan sebagai pengirimnya. Cara menjadi dropship inilah yang membuat bisnis ini begitu potensial karena Anda tidak harus mengeluarkan modal besar dan bahkan nol karena semuanya ditanggung oleh produsen barang. 

Ketika mengetahui cara jadi dropshipper, mungkin Anda berpikir apa bedanya dengan reseller. Jawabannya adalah sangat berbeda! Reseller menjalankan bisnisnya dengan menjual lagi barang yang sudah dibelinya, mengirimkannya sendiri kepada konsumen dan harus punya gudang untuk menyimpan stok barang yang dimiliki. Dengan kata lain, menjadi reseller membutuhkan modal yang besar. Di sisi lain dropshipper hanya bertugas mencari pembeli potensial yang diharapkan akan menjadi pelanggan tetap. Ketika barang dan pengirimannya sudah dihandle oleh pihak produsen, Anda jadi tidak perlu repot mengurusi atau mengeluarkan modal untuk itu. Menarik, kan? Nah, untuk memulai bisnis dropship Anda sendiri, berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa dilakukan.

Cara Menjadi Dropshipper Menemukan Produsen yang Tepat

Karena bisnis dropshipper sangat bergantung pada produsen barang yang menjadi komoditas, maka tantangan terbesar untuk memulai bisnis ini adalah menemukan supplier atau produsen itu sendiri. Kriteria produsen yang diinginkan para pebisnis dropship tentu saja bertanggung jawab, amanah, memberikan harga bersaing dan mudah dihubungi ketika ada hal-hal yang sifatnya mendesak. Kriteria tersebut akan lebih mudah ditemukan jika Anda menjadi dropshipper pada e-commerce besar seperti Shopee yang punya reputasi baik. 

Di dalam market place tersebut ada jutaan penjual yang menawarkan dagangannya. Nah, Anda bisa memilih toko berdasarkan reputasinya yakni Start Seller sehingga dijamin lebih aman dan nyaman. Cara jadi dropshipper di Shopee juga mudah, Anda tinggal memilih barang seperti biasa lalu melakukan check out (CO). Di halaman CO nanti, pada bagian bawah ada opsi Kirim Sebagai Dropshipper. Pilihan itulah yang musti diaktifkan supaya nanti barang dikirimkan ke konsumen dengan nama Anda sebagai penjualnya. Cara menjadi dropshipper Shopee yang mudah ini membuka peluang bagi siapapun yang ingin menjalankan bisnis tanpa modal dan minim resiko.

Cara Jadi Dropshipper di Shopee Menambahkan Nilai Jual Sebagai Dropshipper

Selain melakukan cara menjadi dropship Shopee, hal lain yang perlu dilakukan oleh para dropshipper adalah dengan menambahkan nilai jual yang menjadi magnet bagi para pembeli. Nilai jual di sini tidak harus selalu berupa diskon besar-besaran yang malah akan membuat Anda buntung. Pelayanan yang baik, ramah, penjelasan informatif dan customer service yang baiklah yang akan menjadi penarik bagi pelanggan. Meskipun e-commerce seperti Shopee bisa menjadi sumber barang yang terpercaya namun cara menjadi dropshipper di Shopee tidak bisa membantu Anda dalam menciptakan nilai jual lebih seperti ini. Artinya, Anda sendirilah yang harus melakukannya sebagai pengusaha yang ingin bisnisnya maju dan meraup banyak untung.

Cara Menjadi Dropship di Shopee Fokus Pada Produk Tertentu

Hal ini juga tidak diajarkan oleh cara menjadi dropship di Shopee karena pemilihan komoditas niaga tahun 2021 seluruhnya tergantung Anda sebagai pelaku dropship. Menawarkan banyak barang memang kelihatannya menjanjikan, namun di sisi lain hal ini membuat Anda tidak bisa fokus dalam mengiklankan dan melakukan branding dikarenakan produk yang kelewat banyak. Untuk itulah, akan lebih baik jika Anda fokus pada satu atau dua jenis barang saja sehingga semua upaya yang dilakukan untuk memajukan usaha bisa lebih fokus dan terarah.

Menjadi dropshipper sangatlah mudah selama tahu caranya. Dengan modal yang nyaris nol dan kemudahan menjadi dropshipper dari e-commerce semakin membuka peluang untuk bisa menghasilkan untung. Selamat mencoba.