Cara melunaskan hutang dengan istigfar atau amalan lunas hutang 1 hari cara agar hutang cepat lunas 2021

Ini Dia Cara Melunaskan Hutang dengan Tepat dan Cepat

Dalam memenuhi kebutuhan hidup, sedikit orang yang harus mengajukan hutang, baik ke pihak perbankan, perusahaan fintech, maupun koperasi. Sebenarnya memiliki hutang wajar saja, apalagi kalau digunakan untuk kebutuhan yang primer seperti membeli rumah. Harga rumah yang semakin tinggi, menjadikannya sebagai aset yang tidak mudah didapatkan begitu saja. 

Tapi dengan adanya Kredit Pemilikan Rumah, rumah impian bersama keluarga bisa dimiliki dengan jauh lebih mudah. Selain KPR, ada juga Kredit Kendaraan Bermotor (KKB) yang bisa membantu membeli mobil untuk transportasi bersama keluarga. Selain untuk membeli aset, kadang orang berhutang untuk memenuhi keperluan yang mendadak seperti biaya rumah sakit yang tak terduga. Karena itu, berhutang itu tidaklah selalu buruk. Tapi jika hutang sudah menumpuk, tak sedikit yang jadi panik bagaimana cara melunaskan hutang dengan tepat dan tidak terasa berat? 

Hutang Lunas dengan Istighfar, Apakah Benar? 

Untuk yang beragama Islam, mungkin pernah mendengar bahwa hutang bisa lunas dengan rajin beristighfar. Sebenarnya istighfar bukan hanya untuk menyelesaikan masalah hutang saja. Bahkan istighfar bisa digunakan untuk melepaskan diri dari berbagai macam masalah kehidupan. Dengan banyak beristighfar, Allah SWT akan merahmatinya dengan kebaikan dan membebaskan dari berbagai masalah. Orang yang banyak beristighfar akan bisa menyelesaikan masalah dengan cara yang baik, tidak akan bertentangan dengan syariat Islam. 

Untuk pendamping beristighfar, ada banyak aplikasi yang bisa diunduh ke smartphone Anda, salah satunya adalah aplikasi bernama Amalan Lunas Hutang dalam 1 Hari yang berisi doa-doa agar hutang cepat lunas. Namun, meski doa itu sangat penting, tapi bukan berarti hanya dengan beristighfar dan tidak melakukan apa pun maka lunas hutang dalam seketika. Tentu manusia tetap harus berusaha dengan cara-cara yang baik untuk melunasi hutang. Anggaplah doa sebagai landasan agar kita tetap berusaha dan sehat serta bisa melunasi hutang dengan tepat waktu di jalan yang benar dan terbebas dari masalah yang lebih dalam. 

Solusi Lunas Hutang yang Tepat

Jadi selain beristighfar dan berdoa, apa yang harus dilakukan agar hutang cepat lunas? Ada beberapa langkah baik yang bisa dilakukan. Yang pertama adalah hidup hemat. Jika sudah menyadari kita punya hutang yang menumpuk, maka jangan perbanyak lagi hutang yang sudah menumpuk itu. Meski sulit, tapi hidup lebih hemat adalah cara yang paling tepat. Hidup hemat bukan berarti hidup sengsara. tapi hilangkan semua kebutuhan yang tidak penting. 

Coba perhatikan lagi kebiasaan kita sehari-hari, membeli kopi setiap hari seharga Rp 50 ribuan, makan di luar untuk diri sendiri Rp 100 ribu hampir setiap hari, memang enak, tapi hutang tak kunjung terbayar. Jadi apakah kopi dan makan siang yang mahal itu tidak bisa dikurangi? Tentu saja bisa dengan membeli kopi yang lebih murah atau membuat kopi sendiri, lalu bisa juga membawa bekal makan siang dari rumah atau pilih menu yang lebih murah. Cara agar hutang cepat lunas yang berikutnya adalah dengan tidak lagi menggunakna kartu kredit untuk kebutuhan konsumtif yang tidak penting. Misalnya untuk belanja baju, gadget, dan lain sebagainya. 

Apakah gadget benar-benar sudah tidak bisa digunakan sampai harus ganti? Kalau masih bisa digunakan, tidak perlu terlalu cepat menggunakan kartu kredit. Bisa saja tetap menggunakan kartu kredit, tapi untuk kebutuhan yang benar-benar penting. 

Solusi Hutang Lunas yang Produktif

Di tahun 2021, ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk membayar hutang. Untuk cara yang produktif, ada beberapa tips yang bisa diikuti. Misalnya dengan menjual barang yang kita miliki. Apa itu barang yang bisa dijual? Contohnya kita memiliki barang bermerek yang jarang dipakai dan masih dalam konsidi bagus, ini bisa dijual dengan harga yang cukup tinggi. Cara produktif lainnya adalah dengan mencari pekerjaan sampingan. Ada banyak pekerjaan freelance yang bisa ditemukan secara online. Tapi pastikan apakah secara fisik Anda bisa mengambil pekerjaan tambahan? Kalau masih bisa, pekerjaan tambahan adalah cara melunaskan hutang yang sangat efektif.