Cara mengecek bi checking atau cek bi checkin via hp atau bi cek king online cara cek slik ojk online dengan pemutihan bi checkin 2021

BI Checking untuk Informasi Data Perbankan yang Akurat

Saat ini riwayat kredit perbankan sudah bisa dilihat antar bank. Dengan adanya riwayat kredit ini pihak bank akan menentukan apakah bisa diberikan pinjaman atau tidak. Biasanya kriteria yang tidak bisa diberikan pinjaman adalah blacklist dan memiliki riwayat kredit macet. Untuk bisa mengetahui riwayat kredit tersebut bank akan menggunakan BI checking. Dengan menggunakan BI checking semua data antar kredit antar bank akan dibagikan, mulai dari jenis pinjaman, jumlah pinjaman, cicilan hingga agunan yang digunakan untuk mengajukan pinjaman.  Sekarang cara mengecek BI checking sudah bisa dilakukan oleh perorangan.

Riwayat kredit harus diperhatikan dengan baik agar catatan kredit yang terdapat di BI checking tetap aman dan bisa dengan leluasa untuk mengajukan pinjaman kapan saja. Untuk membuat riwayat kredit tetap aman maka harus melakukan pembayaran cicilan secara tepat waktu dan hingga selesai. Mengapa harus menggunakan cek BI checkin? Anda bisa menemukan jawabannya melalui penjelasan di bawah ini.

Cara Melakukan Cek BI Checking

Pengecekan riwayat kredit saat ini bisa dilakukan dengan mengajukan pengecekan BI checking ke OJK. Syarat dan ketentuan untuk bisa mengajukan pengecekan BI checking mudah dan bisa dilakukan kapan saja. Pengecekan ini bisa dilakukan dengan datang secara langsung ke kantor OJK pusat atau OJK terdekat atau juga bisa melakukan pengajuan pengecekan secara online. BI checking adalah catatan riwayat kredit nasabah yang dibagikan antar lembaga keuangan untuk mengetahui riwayat kredit sebelumnya. 

Cara pengecekan BI checking secara offline bisa langsung datang ke kantor OJK dengan membawa sejumlah syarat, yaitu membawa KTP asli bagi WNI dan untuk WNA bisa membawa paspor asli. Bisa datang ke kantor OJK pada jam kerja dengan melakukan pengisian formulir pengajuan. Setelah selesai mengisi formulir tersebut bisa langsung diserahkan saat itu juga. Setelah itu OJK akan mencetak hasil cek BI checking.

Cara pengecekan BI checking secara online bisa dilakukan dengan mengunjungi website resmi OJK. Setelah itu bisa langsung melakukan pengisian formulir permohonan pengecekan. Setelah itu, bisa mengunggah scan KTP atau paspor. Jika pengajuan untuk badan usaha maka bisa melampirkan identitas pengurus, NPWP, dan akta pendirian usaha. Setelah itu bisa langsung memilih “kirim” dan tunggu beberapa saat maka akan mendapatkan verifikasi melalui email dan bukti registrasi. Jika verifikasi berhasil maka akan diminta untuk menandatangani berkas sebanyak 3 kali dan OJK akan mengirimkan hasil cek BI checking via hp.

Cara Membersihkan BI Checking

Riwayat kredit perbankan terkadang ada yang diblacklist dan muncul di BI checking. Untuk membersihkan riwayat tersebut ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Cara yang pertama adalah dengan melunasi pinjaman yang menunggak. Dengan begitu secara otomatis riwayat BI cek king online akan bersih dengan sendirinya. Tetapi jika hal tersebut masih belum berhasil maka bisa melakukan pemantauan setiap waktu untuk memastikan bahwa riwayat kredit sudah bersih dan tidak masuk di dalam daftar blacklist lagi.

Cara yang kedua untuk membersihkan BI checking adalah dengan menunjukkan surat keterangan dari bank dengan cicilan yang menunggak bahwa kredit yang telah Anda lakukan sudah lunas dan tidak ada lagi tunggakan. Dengan membawa surat keterangan tersebut Anda bisa melakukan klarifikasi ke OJK agar catatan atau riwayat kredit Anda diperbaiki. Dengan begitu riwayat cara cek BI checking via hp sudah bersih.

Tips Menjaga BI Checking Tetap Aman

Riwayat BI checking sebenarnya bisa dijaga dengan baik agar tidak masuk ke dalam blacklist. Tips yang bisa dilakukan adalah dengan membayar cicilan setiap bulan tepat waktu. Untuk bisa melakukan pembayaran cicilan setiap waktu maka hal yang harus dilakukan adalah mengetahui kemampuan kredit sebelum mengajukan pinjaman dengan begitu cara cek BI checking di hp android bisa tetap aman.

Tips kedua untuk menjaga riwayat BI checking tetap aman adalah menyimpan setiap bukti transaksi pembayaran cicilan dengan baik sebagai upaya untuk menjaga keamanan dan riwayat transaksi. Sehingga ketika catatan kredit yang buruk muncul bisa melakukan klarifikasi dan cara cek BI checking tetap aman.