Ongki Kurniawan: LINE Ingin Berkontribusi Mengembangkan Potensi Para Kreator Lokal Melalui Kompetisi-Kompetisi Kreatif

Ongki Kurniawan, Managing Director LINE Indonesia (Foto: Faahrul Anwar/Youngsters.id)

YOUNGSTERS.id - Indonesia memiliki potensi yang sangat besar dalam hal industri kreatif. Bukan saja sebagai konsumen, tetapi juga sebagai penyedia konten yang kaya dengan warisan budaya dan kearifan lokal. Kemajuan teknologi menjadi faktor pemicu potensi ini.

Nah, potensi ini mendapat perhatian dari LINE, khususnya LINE Indonesia. Sejak hadir di Indonesia pada 2013, LINE telah aktif mendukung dan berkolaborasi dengan masyarakat Indonesia dalam menyediakan layanan dan konten yang relevan dengan budaya dan kebutuhan lokal. Bahkan, perusahaan yang menamakan diri Smart Portal ini belakangan melakukan berbagai kegiatan untuk menggali talenta muda kreatif di Indonesia. Karya para kreator stiker, game dan komik Indonesia pun menjadi bagian utama dari produk LINE.

Stiker LINE contohnya. Tahun lalu sebanyak lebih dari 8,6 miliar stiker lokal telah dirilis. Selain itu, LINE Indonesia juga aktif menggaet kreator lokal untuk mempublikasikan komiknya di Line Webtoon.

Untuk memperkuat komitmen mendukung industri kreatif Indonesia, pada tahun 2016 lalu LINE menggelar LINE Creative 2016. Ini merupakan acara kompetisi kreatif terbesar di Indonesia dan terbesar dari LINE se-Asia Tenggara. Selain itu, jumlah mitra kerja sama LINE di Indonesia juga meningkat pesat, dari 90 mitra official account, sebanyak 68 adalah merek lokal.

Dan, di tahun 2017 ini LINE Indonesia kembali memperkuat komitmennya di pasar Indonesia dengan terus berinovasi dan berkontribusi dalam pembangunan ekonomi kreatif dan eksosistem digital di Indonesia.

LINE Indonesia juga akan melakukan ekspansi ke pengembangan fitur lainnya, salah satunya adalah bot chat. Bot chat merupakan fitur chatting otomatis yang memungkinkan mitra LINE menjawab pesan dari pelanggannya secara otomatis. Untuk mengembangkan fitur ini, LINE Indonesia akan mengadakan kompetisi pembuatan chat bot di ajang Line Creativate 2017.

Bagaimana upaya LINE Indonesia dalam mendukung pertumbuhan talenta muda kreatif dan industri kreatif di Indonesia? Berikut petikan wawancara Stevy Widia dan Fahrul Anwar dari Youngsters.id dengan Ongki Kurniawan, Managing Director LINE Indonesia.

 

Seperti apa dukungan LINE bagi pertumbuhan industri kreatif di Indonesia?

Kami percaya bahwa setiap orang memiliki jiwa kreatif. Dan sebagai smart portal, LINE bisa menjadi platform terbaik untuk eksplorasi kreativitas dan berkarya. LINE ingin berkontribusi kepada Indonesia dengan mendukung sebuah gerakan kreatif yang dipercaya akan memberikan manfaat bagi perekonomian Indonesia secara umum. Melalui kerjasama dengan para mitra lokal ini kami juga berharap dapat membantu inisiatif pemerintah Indonesia dalam meletakkan fondasi yang mendukung ekonomi kreatif.

Mengapa konten lokal itu penting bagi LINE?

LINE memiliki misi mendekatkan jarak antar-pengguna. Berawal dari sebuah aplikasi messenger, LINE kini berkembang menjadi lebih dari itu dan menghadirkan berbagai layanan khusus. Karena itu kami fokus pada konten dan kebutuhan lokal. Kami selalu berusaha untuk menggandeng kreator untuk memproduksi konten lokal. Hal tersebut sangat membantu pertumbuhan pengguna aplikasi LINE, dan telah terbukti dengan berbagai pencapaian yang diraih sepanjang tahun-tahun sebelumnya.

 

Para juara Line Creative 2016 bersama Managing Director Line Indonesia Ongki Kurniawan, Menkominfo Rudiantara, dan Kepala Bekraf Triawan Munaf. (Foto: Fahrul Anwar/Youngsters.id)

 

Bagaimana penilaian kualitas karya kreatif digital dari Indonesia?

Kami bersyukur melihat antusias para peserta ternyata melebihi target. Justru kreator daerah banyak yang bagus-bagus. Mereka mengangkat budaya daerah masing-masing lewat karya kreatif. Dan sebagai smart portal, Line bisa menjadi platform terbaik untuk ekplorasi kreatifitas dan berkarya.

Seberapa besar pengaruh konten lokal terhadap bisnis LINE Indonesia?

Suksesnya LINE di Indonesia karena strategi melokalisasi diri. Terbukti adanya stiker-stiker lokal pengguna jadi lebih responsif. Dan ini akan kami lanjutkan terus.

Langkah apa yang dilakukan untuk mengakselerasi konten lokal ini?

Kami ingin mengeksplorasi dan mengembangkan potensi para kreator lokal melalui kompetisi-kompetisi kreatif. Kami juga ingin meningkatkan daya saing creator LINE dalam rangka pembangunan digital creative ecosystem. Line Creative Day menjadi ajang yang penting bagi kami untuk membentuk dan mengakomodasi potensi kreatif bakat-bakat yang luar biasa di Indonesia melalui platform Line, baik di creators market untuk stikers, Webtoon untuk serial komik digital, maupun para creativepreneur dan pemilik komunitas melalui LINE.

Apakah kegiatan ini terkait langsung dengan bisnis LINE?

Kami memang menghadirkan kompetisi dari berbagai divisi di LINE, yaitu Webtoon, Sticker, dan Game. Kami menyadari potensi dan talenta yang dimiliki Indonesia besar. Dengan dukungan user base LINE yang besar, LINE ingin membantu talenta tersebut untuk dapat menjangkau masyarakat lebih luas lagi, melalui ajang LINE Creativate 2016 ini.

Apakah manfaat yang diperoleh para kreator lokal ketika bekerjasama dengan LINE Indonesia ?

Kami ingin memberikan kesempatan bagi para pelaku industri kreatif untuk dapat memasarkan produk karya mereka kepada masyarakat lebih luas dengan lebih mudah. Kami menawarkan dukungan kemudahan promosi yang dapat menghemat biaya pemasaran. Karena LINE percaya, secara teknis, pengembang game di Indonesia sudah tidak lagi membutuhkan dukungan.

Bagaimana dengan pemerintah Indonesia, apakah mereka ikut terlibat?

Kami bekerja sama dengan Badan Ekonomi Kreatif dalam penyelenggaraan LINE CREATIVATE 2016. Kami juga mendapat dukungan dari Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara. Melalui gerakan ini kami juga berharap dapat membantu inisiatif pemerintah Indonesia dalam meletakkan fondasi yang mendukung ekonomi kreatif.

Apa langkah LINE untuk dapat lebih memperkuat ekosistem ekonomi kreatif digital di Indonesia?

Dengan misi ‘Closing the Distance’ kami berkomitmen untuk tumbuh bersama masyarakat Indonesia melalui kontribusi pembangunan industri kreatif. Peluang industri ekonomi kreatif semakin besar di era digital karena pemanfaatan platform teknologi , bisnis kreatif semakin menjanjikan. Selain itu kami mengajak talenta lokal Indonesia untukĀ  mengekplorasi dan mengembangkan potensi serta meningkatkan daya saing. Dan kami akan terus bekerjasama dengan para mitra untuk berbagai terobosan ekspansi, inovasi dan pengembangan fitur-fitur menarik.(SW)