Telkomsel Dukung Pengembangan Potensi Nusa Laut

Direktur Sales Telkomsel Mas'ud Khamid (kedua dari kanan) dan Pangdam XVI/Pattimura Mayjen Doni Monardo (paling kanan) setelah penandatangan kesepakatan Telkomsel dengan Kodam XVI/Patimura dalam komitmen bersama membangun wilayah pelosok, terluar dan perbatasan negara NKRI yang disaksikan oleh Vice President Corporate Communications Telkomsel Adita Irawati (paling kiri),cxManager Branch Ambon PT. Telkomsel Felano Josep Dangeubun (kedua dari kiri) dan Wakil Bupati Maluku Tengah M.Leleury (tengah) di acara Triathlon (15/10). Telkomsel kembali menunjukkan komitmen untuk menyediakan layanan komunikasi berkualitas secara merata bagi seluruh masyarakat Indonesia, termasuk di wilayah Indonesia Timur. Komitmen ini diperlihatkan dengan penggelaran base transceiver station (BTS) berteknologi 2G dan 3G di Pulau Nusa Laut yang berlokasi di Kepulauan Lease, Kabupaten Maluku Tengah, Provinsi Maluku.

Telkomsel kembali menunjukkan komitmen untuk menyediakan layanan komunikasi berkualitas secara merata bagi seluruh masyarakat Indonesia, termasuk di wilayah Indonesia Timur. Komitmen ini diperlihatkan dengan penggelaran base transceiver station (BTS) berteknologi 2G dan 3G di Pulau Nusa Laut yang berlokasi di Kepulauan Lease, Kabupaten Maluku Tengah, Provinsi Maluku.

Direktur Sales Telkomsel Mas’ud Khamid mengatakan, “Kami bertekad untuk menghubungkan seluruh masyarakat Indonesia dengan layanan komunikasi yang berkualitas. Tidak terkecuali di wilayah-wilayah dengan akses fasilitas dan infrastruktur yang terbatas seperti di Nusa Laut yang menjadi pulau terkecil yang dihuni di Kepulauan Lease. Kami berharap penggelaran jaringan komunikasi mampu mendukung masyarakat dan pemerintah dalam mengembangkan potensi Nusa Laut, terutama di bidang pariwisata, perikanan, pertanian, perkebunan, dan peternakan, sehingga turut menggerakkan perekonomian untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.”

Kecamatan Nusa Laut, yang merupakan hasil pemekaran dari Kecamatan Saparua pada tahun 2001, adalah salah satu dari 17 kecamatan yang terletak di Kabupaten Maluku Tengah. Wilayah yang memiliki luas wilayah 32,5 kilometer persegi dan berpenduduk lebih dari 6.000 jiwa ini terdiri tujuh negeri atau desa, yakni Ameth, Akoon, Abubu, Titawaai, Leinitu, Sila, dan Nalahia.

Saat ini Telkomsel telah melayani lebih dari 1.700 pelanggan di Nusa Laut, di sekitar 1.100 di antaranya aktif menggunakan layanan data. “Kami harapkan kualitas layanan komunikasi yang kami hadirkan di Nusa Laut mampu dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk meningkatkan produktivitas masyarakat sehari-hari,” kata Mas’ud.

Manfaat hadirnya layanan Telkomsel di Nusa Laut dirasakan langsung oleh masyarakat, seperti yang diutarakan Kepala Negeri Ameth Wempy Parenusa. “Dengan adanya sinyal Telkomsel, pelajar sangat terbantu untuk mendapatkan informasi tentang pelajaran dari internet, karena di sini buku sangat terbatas. Sinyal Telkomsel juga sangat membantu kami dalam urusan pemerintahan, sehingga memudahkan kami dalam berkoordinasi. Kami berharap Telkomsel meningkatkan teknologi agar kami bisa melakukan video call di Nusa Laut,” papar Wempy.

“Dulu kalau mau berkomunikasi, kami harus ke negeri sebelah, sehingga kadang ‘bergesekan’. Saya sangat berterima kasih Telkomsel hadir di Abubu, sehingga lebih aman dan mudah berhubungan dengan keluarga terutama yang berada di perantauan. Harapan kami, sinyal Telkomsel lebih meluas lagi di Negeri Abubu,” tutur Dani Lekahena, Kepala Urusan Pemerintahan Negeri Abubu.  

Nusa Laut Adventure

Dalam rangka momen HUT TNI ke-71, Telkomsel mendukung Nusa Laut Adventure yang diselenggarakan Kodam XVI/Pattimura pada 15 Oktober 2016 di Nusa Laut. Ajang olahraga triathlon ini akan menjelajahi seluruh negeri di Pulau Nusa Laut, dimulai dari Teluk Sila, kemudian Leinitu, Titawaai, Abubu, Akoon, Ameth, dan berakhir di Nalahia.

Para peserta yang diperkirakan berjumlah 500 orang akan berenang dengan menempuh jarak 300 meter, kemudian bersepeda sejauh 22,7 kilometer, dan diakhiri dengan berlari dengan jarak 5 kilometer. Dengan konsep lomba yang fun and friendly, peserta tidak hanya datang untuk berlomba, tetapi juga dapat menikmati keindahan alam dan keramahan warga Nusa Laut dengan tinggal di rumah penduduk (home stay).

Selain untuk memperkenalkan potensi pariwisata kepada masyarakat yang lebih luas, tujuan dipilihnya Pulau Nusa Laut sebagai venue acara adalah untuk memajukan potensi ekonomi lokal sejalan dengan program yang telah diintegrasikan bersama TNI melalui program Emas Biru dan Emas Hijau. Emas Biru terkait pemanfaatan potensi laut, sedangkan Emas Hijau terkait sektor pertanian dan perkebunan.

“Dengan menggelar event olahraga triathlon yang terbuka untuk masyarakat umum dan diikuti oleh peserta dari kalangan TNI untuk memperebutkan Piala Panglima, kami berharap masyarakat dapat lebih mengenal Pulau Nusa Laut sekaligus dapat mewujudkan semangat kebersamaan di antara masyarakat Nusa Laut, TNI, dan masyarakat Indonesia,” kata Pangdam XVI/Pattimura Mayjen Doni Munardo.

Untuk mendukung Nusa Laut Adventure, Telkomsel telah memperkuat jaringan dengan mengoperasikan dua unit compact mobile base station (Combat) ataumobile BTS di Atabubu dan Leinitu. Di samping itu, masyarakat juga bisa menikmati kartu perdana simPATI edisi khusus Nusa Laut dengan kuota internet sebesar 12 GB dengan harga spesial yang bisa diperoleh di Bandara Pattimura, Pelabuhan Waai, dan lokasi acara. Telkomsel juga menggelar booth layanan yang menyediakan pulsa dengan harga murah, ponsel murah, dan merchandise menarik bagi pelanggan yang menukarkan Telkomsel POIN.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*