Telkomsel Bawa Finalis The NextDev Pulang Kampung ke Jakarta

Setelah  tahun lalu mendapatkan 20 finalis dengan aplikasi digital yang dapat memberikan kontribusi positif untuk masyarakat, program NextDev di awal tahun ini kembali melanjutkan rangkaian programnya dengan tajuk “NextDev Pulang Kampung”.

Pada rangkaian acara ini, 20 finalis NextDev akan kembali ke 10 kota asal mereka masing-masing, yang terdiri dari Jakarta, Bandung, Surabaya, Yogyakarta, Semarang, Denpasar, Malang, Pontianak, Makassar dan Gorontalo.

Vice President Corporate Communications Telkomsel, Adita Irawati mengatakan, “NextDev Pulang Kampung merupakan upaya Telkomsel untuk  membangun ekosistem digital yang berkelanjutan di Indonesia, dimana salah satunya melalui pengenalan digipreneurship atau kewirausahaan di bidang digital. Kegiatan ini diharapkan dapat menginspirasi para calon developer muda Indonesia di berbagai daerah,   serta menjembatani kolaborasi antara duta NextDev dengan pemerintah kota setempat dalam mencari solusi yang tepat untuk kota tersebut.”

NextDev Pulang Kampung berlangsung selama dua hari di masing-masing kota. Pada hari pertama, akan diadakan eksibisi karya para duta NextDev, dimana mereka akan berbagi pengalaman, melakukan sosialiasi ide dan hasil karya mereka kepada masyarakat luas. Selain itu ada pula seminar “Youth Opportunities in Accelerating Jakarta Smart City” dengan topik seperti e-Tourism, e-Government, e-Education, e-Transportation dan/atau e-SME.

npk_2

Sedangkan di hari kedua, akan diadakan workshop dan simulasi untuk para calon developer maupun developer lokal, dengan topik lengkap dan menyeluruh seputar digipreneurship yang terdiri dari pengembangan aplikasi digital, perencanaan finansial, dan perumusan pemasaran.  Seminar dan workshop NextDev Pulang Kampung akan  menghadirkan pembicara berpengalaman di bidangnya yang merupakan para ahli keuangan, developer, sampai dengan para diginopreneur.

NextDev Pulang Kampung ke Jakarta sendiri diselenggarakan pada tanggal 22-23 Februari 2016, di Universitas Indonesia, dan  dihadiri juga oleh Wakil Gubernur DKI Jakarta, Drs. H. Djarot Saiful Hidayat, M.S , dan pembicara seperti Melie Irene (Associate, East Ventures), Wise Dewi (Jakarta SmartCity, Dinas Komunikasi dan Informasi DKI Jakarta), dan Prastetyo Andy Wicaksono (Co-Founder dan CEO, LayangLayang Mobile), serta ada juga Duta NextDev dengan aplikasi Gandeng Tangan, Rumah Sinai, Jejakku, Nebengers, dan Kolek.in . Info lebih lanjut mengenai program NextDev Pulang Kampung dan registrasi dapat dilihat di www.thenextdev.id.

Sementara itu, Executive Vice President Area Jabotabek Jabar, Venusiana Papasi, mengatakan “The NextDev merupakan salah satu program CSR Telkomsel di industri digital kreatif berupa kompetisi membuat aplikasi digital, yang diharapkan diharapkan akan mendukung perkembangan ekosistem digital di Indonesia, dimana salah satu pilar utamanya adalah hadirnya berbagai aplikasi asal Indonesia yang bernilai tambah dan memiliki dampak sosial yang positif. Kami berharap, karya aplikasi dari para Duta NextDev ini kedepannya dapat mendukung penerapan konsep Smart City, khususnya di wilayah Jabotabek dan Jabar.”

Program The NextDev 2015 yang bertemakan Smart City dimulai dengan rangkaian  roadshow, dimana lebih dari 400 aplikasi solusi perkotaan berhasil terjaring dari berbagai kota di Indonesia. Sebanyak 20 finalis yang merupakan individu/kelompok developer muda akhirnya terpilih untuk mengikuti serangkaian tahapan yang terdiri dari bootcamp (design, development, distribute), pitching, dan investor meet up.

Pada akhirnya, Rumah Sinau, Gandeng Tangan, dan Jejakku terpilih menjadi tiga aplikasi Smart City terbaik setelah meyakinkan para juri dalam beberapa kriteria, diantaranya dalam hal kerjasama tim, produk/fitur yang ditawarkan, business model yang dipakai, market yang disasar, dan skalabilitas dari aplikasi yang dikembangkan.

Pada bulan Desember 2015 yang lalu, ketiga tim pemenang The NextDev 2015 berkesempatan untuk studi banding ke Korea Selatan bersama Telkomsel dan mengunjungi beberapa perusahaan teknologi yang bergerak di bidang ICT, elektronik serta Smart City seperti Samsung D’light, Microsoft Korea, IFEZ (Incheon Free Economic Zone) dan Compact Smart City. Di lokasi-lokasi tersebut, mereka mendapat berbagai ilmu dan melihat secara langsung bagaimana ide teknologi menjadi kenyataan. Perjalanan ini adalah bagian dari hadiah 5M yang didapat oleh para pemenang The NextDev, yang terdiri dari Market Access, Marketing Publicity, Mentoring, Management Trip dan Money.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*