NextDev Pulang Kampung Sukses di 10 Kota

Walikota Makassar Ir. H. Moh. Ramdhan Pomanto saat menerima kunjungan para Duta NextDev dan Telkomsel. Pada rangkaian kegiatan NextDev Pulang Kampung, Telkomsel mempertemukan para Duta NextDev dengan pemerintah kota untuk membuka kesempatan kolaborasi antara keduanya dalam mencari solusi yang tepat untuk penyelenggaraan Smart City di kota tersebut.

Edukasi dan Sosialisasi Digipreneurship Disambut Antusiasme Masyarakat dan Pemerintah Daerah

Telkomsel sukses menggelar program NextDev Pulang Kampung dengan membawa 20 Duta NextDev pulang kampung ke 10 kota asalnya masing-masing. Tak kurang dari 3300 peserta telah ikut berpartisipasi dalam gelaran NextDev Pulang Kampung yang terdiri dari pelajar SMA, SMK, mahasiswa, pengusaha startups maupun warga masyarakat lain pada umumnya.

Selain disambut antusiasme warga masyarakat yang tertarik untuk mengikuti edukasi dan sosialisasi seputar digipreneurship, gelaran ini juga mendapatkan sambutan hangat dari pemerintah daerah setempat yang telah menerima kunjungan para Duta NextDev dan Telkomsel.

Vice President Corporate Communications Telkomsel, Adita Irawati mengatakan, “Kami sangat senang dengan besarnya antusiasme anak muda setempat untuk berpartisipasi dalam acara NextDev Pulang Kampung. Hal ini menunjukkan tingginya minat generasi muda dan masyarakat luas pada umumnya untuk belajar lebih banyak mengenai digipreneurship serta menjadi bagian dari solusi di tempat tinggalnya dengan pemanfaatan teknologi.”

Pada rangkaian kegiatan NextDev Pulang Kampung, Telkomsel mempertemukan para Duta NextDev dengan pemerintah kota untuk membuka kesempatan kolaborasi antara keduanya dalam mencari solusi yang tepat untuk penyelenggaraan Smart City di kota tersebut.

Beberapa pemimpin daerah juga berkesempatan hadir pada acara utama NextDev Pulang Kampung yang diselenggarakan di universitas setempat, seperti Djarot Saiful Hidayat selaku Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ramdhan Pomanto selaku Walikota Makassar, dan Hendrar Priadi selaku Walikota Semarang.  Mereka datang menyapa para peserta seminar dan memberikan gambaran umum mengenai penyelenggaraan tata kotanya serta mengajak para peserta NextDev Pulang Kampung dan warga masyarakat seluruh untuk turut aktif berpartisipasi dalam memberikan solusi terbaik untuk penyelenggaraan Smart City.

Acara utama NextDev Pulang Kampung dibuka dengan kunjungan selama 2 hari ke Universitas Tanjungpura di Pontianak, disusul dengan acara serupa di Institut Teknologi Sepuluh November di Surabaya, Universitas Brawijaya di Malang, Universitas Indonesia di Jakarta, Universitas Diponegoro di Semarang, Institut Teknologi Bandung di Bandung, Universitas Negeri Makassar di Makassar, Universitas Negeri Gorotalo di Gorontalo,   Universitas Udayana di Denpasar, dan ditutup di Universitas Gajah Mada, Yogyakarta.

 

Walikota Makassar Ir. H. Moh. Ramdhan Pomanto melakukan photo selfie bersama para peserta yang telah ikut berpartisipasi dalam gelaran NextDev Pulang Kampung di Makassar yang terdiri dari pelajar SMA, SMK, mahasiswa, pengusaha startups maupun warga masyarakat lain.
Walikota Makassar Ir. H. Moh. Ramdhan Pomanto melakukan photo selfie bersama para peserta yang telah ikut berpartisipasi dalam gelaran NextDev Pulang Kampung di Makassar yang terdiri dari pelajar SMA, SMK, mahasiswa, pengusaha startups maupun warga masyarakat lain.

 

Pada hari pertama, acara dibuka dengan ekhibisi karya para duta NextDev, dimana mereka berbagi pengalaman, melakukan sosialiasi ide dan hasil karya mereka kepada para peserta. Kemudian acara dilanjutkan dengan  seminar “Smart City for Smart Generation” dengan topik seperti e-Tourism, e-Government, e-Education, e-Transportation dan/atau e-SME. Pembicara ternama seperti Suhono Supangkat (Inisiator Jakarta Smart City), Alamanda Shantika (Vice President GO-JEK), Dennis Adhiswara (Founder &  CEO Layaria Network),  Cak Uding (Mobile Tech & Internet Enthusiast) pun sempat hadir berbagi pengalaman di seminar ini.

Di hari kedua NextDev Pulang Kampung, para peserta kemudian dapat mengikuti workshop dan simulasi Make Your Own Startup!, dengan topik lengkap dan menyeluruh seputar digipreneurship yang terdiri dari pengembangan aplikasi digital, perencanaan finansial, dan perumusan pemasaran.

The NextDev merupakan salah satu program CSR Telkomsel di industri digital kreatif berupa kompetisi membuat aplikasi digital, yang diharapkan diharapkan akan mendukung perkembangan ekosistem digital di Indonesia, dimana salah satu pilar utamanya adalah hadirnya berbagai aplikasi asal Indonesia yang bernilai tambah dan memiliki dampak sosial yang positif.

Program The NextDev 2015 yang bertemakan Smart City dimulai dengan rangkaian  roadshow, dimana lebih dari 400 aplikasi solusi perkotaan berhasil terjaring dari berbagai kota di Indonesia. Sebanyak 20 finalis yang merupakan individu/kelompok developer muda akhirnya terpilih untuk mengikuti serangkaian tahapan yang terdiri dari bootcamp (design, development, distribute), pitching, dan investor meet up.

Pada akhirnya, Rumah Sinau, Gandeng Tangan, dan Jejakku terpilih menjadi tiga aplikasi Smart City terbaik setelah meyakinkan para juri dalam beberapa kriteria, diantaranya dalam hal kerjasama tim, produk/fitur yang ditawarkan, business model yang dipakai, market yang disasar, dan skalabilitas dari aplikasi yang dikembangkan.

Dengan berakhirnya rangkaian acara NextDev Pulang Kampung, The NextDev 2016 akan segera digelar yang dimulai dengan roadshow di lebih banyak kota. Melalui The NextDev, Telkomsel mengajak para developer muda di seluruh Indonesia untuk turut berkarya  di bidang kreatif digital dengan menciptakan aplikasi digital yang akan memberikan dampak sosial positif bagi lingkungan di sekitar mereka.

About Youngsters.ID 75 Articles
Youngsters.id adalah media yang fokus mengulas dunia kewirausahaan, terutama para pengusaha muda (young entrepreneurs), ekonomi kreatif, serta segala aktivitas, inovasi dan kreativitas terkait anak muda

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*