Xplorindonesia, Platform Digital Untuk Pariwisata

Kawasan wisata Raja Ampat (Foto : Ilustrasi/Youngsters.id)

YOUNGSTERS.id - Kementrian BUMN bersama dengan sejumlah perusahaan Negara yang bergerak di sektor pariwisata melansir portal digital pariwisata BUMN Xplorindonesia. Platform ini untuk meningkatkan kualitas pariwisata nasional.

“Industri digital memiliki terobosan-terobosan signifikan dalam mengembangkan sebuah industri lain baik dalam hal melakukan engagement dengan masyarakat yang simple dan responsif hingga transaksi keuangan yang lebih mudah,” kata Menteri BUMN Rini Soemarno dalam keterangan pers baru-baru ini di Jakarta.

Xplorindonesia’ adalah platform digital yang akan mengintegrasikan kekuatan BUMN Pariwisata sekaligus menjadi salah satu bentuk dukungan BUMN terhadap kampanye yang dilakukan oleh Kementerian Pariwisata terutama untuk memperkuat keterlibatan publik dan industri pariwisata.

BUMN pariwisata yang dilibatkan adalah Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), Patra Jasa dan PT Taman Wisata Candi Borobudur (TWC), Prambanan, dan Ratu Boko.

Platform hasil Sinergi BUMN ini nantinya akan menjadi penghubung antara wisatawan dengan produk-produk dan layanan yang dimiliki BUMN Pariwisata dan pelaku industri pariwisata di Indonesia.

Xplorindonesia akan tersedia dalam bentuk aplikasi yang bisa digunakan dalam perangkat smartphone. Saat ini pengembangan platform digital ini telah mencapai tahap akhir dan proses finalisasi. Rencananya inovasi ini secara resmi akan diluncurkan pada Januari 2017 serta ditargetkan dapat merangkul 3,5 juta anggota komunitas dan wisatawan.

Indonesia menargetkan kehadiran 20 juta wisatawan pada 2019 dan berkontribusi sebesar 8% bagi Produk Domestik Bruto Nasional. Serta menyumbang devisa Negara sebesar Rp240 triliun dengan menghadriakn lapangan kerja di bidang pariwisata sebanyak 13 juta orang di 2019.

STEVY WIDIA

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY