XL Sedia Jaringan Mobile Broadband Untuk UKM

XL Siapkan Layanan Untuk Mobile Broadband untuk masyarakat. (Foto: Fahrul Anwar/Youngsters.id)

YOUNGSTERS.id - Pemerintah berkomitmen untuk membangun infrastruktur jaringan mobile broadband di Indonesia. Mendukung hal itu, PT XL Axiata akan meluncurkan layanan mobile broadband yang menjangkau semua kalangan masyarakat dan pengusaha UKM.

Yessie D. Yosetya, Direktur/Chief Service Management Officer PT XL Axiata (XL) mengatakan, layanan broadband ini merupakan komitmen XL untuk mendukung pemerintah dalam membangun infrastruktur jaringan mobile broadband di Indonesia.

“Mengenai wilayahnya tak hanya di pula Jawa namun juga di wilayah luar pula Jawa. Kini memasuki usia yang ke-20, XL terus menggencarkan kesiapan jaringan termasuk layanan mobile broadband ini, ” kata Yessie di acara XL Siapkan Layanan Untuk Mobile Broadband Rabu (5/10/2016) di Jakarta.

Menuru dia, ini juga menjawab kebutuhan dari kalangan usaha kecil dan menengah (UKM) untuk layanan internet cepat yang berkualitas. “Mereka membutuhkan akses internet terutama untuk menunjang aktivitas pemasaran dan promosi. Pada era digital seperti saat ini, menjual produk berarti harus mampu menampilkan produk layanan dalam format gambar dan video untuk bisa merebut perhatian pasar atau konsumen,” ungkap Yessie.

Untuk itu layanan mobile broadband dari XL akan dihadirkan dengan perangkat khusus sebagai router. Ada beberapa tipe router dengan spesifikasi dan manfaat khusus. Secara umum, router tersebut akan bisa mengakses jaringan 4G LTE, dan memancarkannya ke ponsel atau laptop pelanggan secara wifi. Perangkat tersebut akan bisa share koneksi ke 10 – 32 ponsel secara bersamaan. Dengan demikian, pelanggan yang belum menggunakan ponsel 4G, akan bisa mendapatkan manfaat dari layanan 4G LTE dari XL.

Secara jaringan, XL menempatkan layanan mobile broadband sebagai salah satu prioritas untuk mendapatkan koneksi yang terbaik. Dengan demikian, adanya jaminan layanan ini akan bisa memberikan koneksi internet 4G yang cepat dan stabil. Maksimum kecepatan yang bisa diberikan hingga 150 Mbps. Dipadu dengan perangkat router yang juga berkualitas prima, kualitas jaringan akan tetap bisa dirasakan di dalam ruangan.

Berbagai kesiapan jaringan telah dilakukan XL. Seperti memperluas pembangunan infrastruktur jaringan 4G di berbagai wilayah di Indonesia. Melakukan upgrade kapasitas jaringan menjadi 15MHz. Meningkatkan kapasitas pada jaringan backbone dan transport, menerapkan small cell di beberapa lokasi guna memperkuat signal. Pemanfaatan spektrum 900 MHz untuk pemanfaatan layanan 3G dan memanfaatkan spectrum 2100 MHz untui layanan 4G sehingga cakupan layanan mobile broadband bisa semakin luas dinikmati masyarakat.

“Yang pasti ketersediaan layanan broadband ini pertama atas dasar respon dan terus meningkatnya permintaan terhadap layanan data berkapasitas besar. Salah satunya video. Data menunjukkan sepertiga dari populasi Indonesia saat ini telah akrab dengan internet. Sehingga layanan broadband ini pastinya sudah bisa dinikmati di beberapa kota yang sudah terdapat jaringan LTE nya, “ papar Yessie.

Layanan mobile broadband XL ini sekaligus akan mempercepat adopsi masyarakat atas layanan internet 4G LTE, yang tentunya akan semakin menambah jumlah masyarakat yang dapat segera menikmati manfaat dari internet cepat.

Saat ini, jaringan 4G LTE dari XL ada di 86 kota dan akan terus bertambah. Selain kota-kota besar, layanan 4G XL juga menjangkau kota-kota menengah dan bahkan kota kecil. Perluasan area layanan, tidak hanya dengan menambah terus kota-kota baru, namun juga memperluas cakupan layanan di area-area baru di dalam kota-kota yang sudah ada. Dengan demikian, semakin banyak pula pelanggan yang bisa terjangkau dengan layanan internet cepat ini. Total jumlah BTS 4G XL saat ini sebanyak 6.600 unit.

Selain perluasan area layanan, kata Yessie, XL juga mengadopsi teknologi terbaru untuk memaksimalkan kemampuan layanan 4G LTE. Salah satunya dengan menerapkan teknologi 4T4R, yang terbukti mampu meningkatkan kecepatan dan stabilitas koneksi internet 4G. Secara bertahap, implementasi teknologi ini juga akan terus diperluas.

 

FAHRUL ANWAR

NO COMMENTS

Leave a Reply