XL Implementasikan RDS Teknologi Baru di Bandara Soetta

XL terus dorong pengembangan layanan 4G LTE. (Foto: Istimewa/Youngsters.id)

YOUNGSTERS.id - PT XL Axiata Tbk (XL) telah mengimplementasikan perangkat Radio Dot System (RDS) berteknologi terbaru di Bandara Internasional Soekarno Hatta (Soetta).

Perangkat canggih tersebut berfungsi memancarkan sinyal di dalam gedung dengan teknologi terbaru. Kini, infrastruktur jaringan ini telah mampu melayani kebutuhan pelanggan XL dan masyarakat, di mana kenaikan trafik bakal terjadi seiring dengan kesibukan jelang libur Lebaran.

“Bandara Soetta memang salah satu lokasi yang menjadi prioritas kami untuk menyajikan layanan yang maksimal. Apalagi Terminal 2 merupakan salah satu pintu utama bagi masyarakat dan tamu dari negara lain yang akan berkunjung ke Indonesia. Perangkat RDS yang kami pasang tersebut menggunakan teknologi terbaru, dengan berbagai keunggulan, dan baru XL yang menggunakannya di Indonesia,” kata Yessie D. Yosetya, Direktur/Chief Service Management Officer XL.

Sedikitnya ada 118 titik yang telah terpasang dengan small cell canggih tersebut dalam gedung dengan luas jangkauan 220 ribu meter persegi. Satu perangkat bisa melayani hingga 96 pengguna 3G secara bersamaan dan 40 pengguna 4G secara bersamaan pada satu titik lokasi.

Keunggulan yang dimiliki dengan menggunakan teknologi active radio dan antena dibanding dengan perangkat sejenis versi lama adalah jangkauan yang lebih luas. Juga, jaminan kualitas layanan yang jauh lebih besar melalui implementasi teknologi LTE MIMO 2×2 dan 3G Multi Carrier. Keunggulan lainnya, implementasi yang jauh lebih mudah, cepat, serta lebih fleksible. Selain itu, lebih efisiensi dari sisi jangkauan dan throughput yang lebih tinggi.

XL akan mengimplementasikan perangkat small cell berteknologi terbaru ini untuk menggantikan perangkat lama yang memang sudah harus diperbarui. Selain di Bandara, perangkat baru ini sudah terpasang di sejumlah XL Center di Jakarta.   

Kualitas jaringan di jalur mudik

Mengantisipasi lonjakan trafik di jalur utama mudik Lebaran, XL telah memastikan kualitas jaringannya. Terutama di sepanjang jalan tol yang telah menghubungkan secara tidak terputus dari Merak hingga Brebes Timur di Jawa Tengah, juga sepanjang Tol Purbaleunyi, dan jalan tol lain di berbagai daerah, sebagian besar ter-cover dengan kualitas layanan Data yang baik. Hanya beberapa lokasi yang kurang baik. Namun, sama sekali tidak ada blank spot  atau lokasi yang sama sekali tidak mendapatkan sinyal XL.

Bahkan, untuk jalan tol baru yang menghubungkan Pejagan hingga Brebes Timur, XL telah menempatkanmobile BTS (m-BTS) untuk memperkuat sinyal, selain juga ter-cover oleh sedikitnya 70 BTS di sepanjang jalur tersebut. Kualitas jaringan yang baik juga XL siapkan di sepanjang jalur Selatan Jawa, yang melalui Bandung – Tasik – Purwokero – Banyumas – Yogya – Solo – Madiun – Surabaya – Malang.  Titik-titik yang menjadi prioritas peningkatan kualitas jaringan antara lain adalah penyebrangan Merak-Bakheuni, Tol Cipali dan rest area di sepanjang tol tersebut, serta Tol Pejagan, serta kota- kota sepanjang jalur mudik.

 

STEVY WIDIA