XL Dorong Kalangan Wirausaha Manfaatkan Teknologi Digital

(ki-ka) : GM Sales Operations XL Kalimantan – Eko Setyawan, Head of XL North Region – Handono Warih, dan Vice President LTE XL – Rahmadi Mulyohartono dalam acara peluncuran layanan 4G-LTE di Banjarbaru, Banjarmasin beberapa waktu lalu (Foto: XL/Youngsters.id)

YOUNGSTERS.id - Melalui sebuah Pesta Digital Rakyat yang digelar di Banjarbaru, Kalimantan Selatan, PT XL Axiata Tbk (XL) mendorong kalangan wirausaha memanfaatkan teknologi digital untuk mendukung produktivitas usahanya.

“Kini masyarakat di Banjarbaru telah bisa memanfaatkan layanan internet cepat 4G LTE dari XL,” klaim Handono Warih,  Head of XL North Region.

Dijelaskan Handono, layanan 4G LTE di Banjarbaru dan sekitarnya ditopang oleh 151 BTS 4G. Area-area yang terjangkau layanan 4G pada tahap awal ini adalah Banjarbaru Selatan, Banjarbaru Utara, Loktabat, Guntung Payung, Cempaka, Landasan Ulin dan Liang Anggang. Pada area-area tersebut terdapat pusat pemerintahan provinsi dan daerah, pusat bisnis lokal, sentra industri, beberapa lembaga pendidikan, pemukiman warga, bandara Syamsudin Noor, Kantor Gubernur, HOP Lapangan Murdjani, RS Banjarbaru Trikora dan Q-Mall Banjarbaru.

“Layanan internet cepat 4G akan membantu peningkatan kinerja dan produktivitas masyarakat dan kalangan wirausaha di kota tersebut,” tegas Handono.

Serangkaian kegiatan telah disiapkan dalam rangka peresmian layanan 4G di Banjarbaru ini. Pada 4 November 2016, XL mengadakan “Seminar Digital Entrepreneurship untuk Generasi Millenial” bertempat di Aula Serba Guna Universitas Lambung Mangkurat yang dihadiri oleh beberapa praktisi handal di dunia digital. Lalu pada 5-6 November 2016 ada “Pesta Digital untuk Rakyat” yang akan diisi beragam hiburan dengan konten digital.

Banjarbaru dan Kalimantan Selatan pada umumnya memiliki potensi ekonomi yang cukup tinggi dari sektor perdagangan dan pemerintahan termasuk juga sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Implementasi layanan digital akan bisa meningkatkan daya saing produk olahan masyarakat lokal, terutama melalui perluasan jangkauan pemasaran secara online, serta peningkatan kualitas materi promosi. Teknologi digital juga bisa diterapkan secara efektif oleh para pengambil kebijakan di tingkat lokal untuk mengenalkan sekaligus meningkatkan daya saing potensi daerah di pasar nasional maupun internasional.

Jumlah pelanggan XL di Kota Banjarbaru dan sekitarnya mencapai 450 ribu pelanggan. Sebanyak 15% di antaranya telah menggunakan smartphone 4G, dan menggunakan USIM 4G.

Secara nasional, layanan 4G LTE dari XL telah melayani pelanggan XL di 88 kota di Indonesia. Sejak awal peluncuran layanan XL 4G LTE, jumlah pelanggan 4G telah mencapai lebih dari 8 juta pelanggan. Implementasi 4G LTE akan dilakukan secara bertahap dengan memperhatikan beberapa aspek kebutuhan masyarakat serta tingkat kesiapan ekosistemnya. Dari total 72,500 BTS yang dimiliki XL, sebanyak 6,600 BTS di antaranya merupakan BTS 4G.

 

FAHRUL ANWAR

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY