Wirausaha Butuh SDM yang Handal

Pengembangan sumber daya manusia sangat penting dilakukan. (Foto : Ilustrasi/Youngsters.id)

YOUNGSTERS.id - Wirausaha tak hanya modal serta akses keuangan semata. Di sisi lain, wirausaha termasuk UMKM juga membutuhkan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas.

Oleh karena itu, Bank Indonesia mendukung upaya Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang bekerja sama dengan Organization for Economic Cooperation and Development (OECD) untuk meningkatkan pengembangan UMKM di Indonesia melalui peningkatan literasi dan inklusi keuangan pelaku wirausaha UMKM.

“UMKM di periode situasi ekonomi yang pelan sangat berperan bagi ekonomi negara. Ada 97% lapangan kerja diberikan oleh UMKM,” ucap Agus Martowardojo Gubernur BI dalam siaran pers Rabu (1/6/2016).

Agus menilai kebutuhan UMKM bukan hanya modal serta akses keuangan semata. Di sisi lain, UMKM juga membutuhkan adanya upaya meningkatkan sumber daya manusia (SDM) para pelaku UMKM.

“Tetapi UMKM itu tidak hanya membutuhkan modal dan akses keuangan dalam bentuk pinjaman modal kerja. UMKM memerlukan SDM yang handal, manajemen standarisasi, sampai kepada praktek produksi yang konsisten. Saya rasa acara ini baik bagi perkembangan UMKM ke depan,” jelas dia.

Sedangkan untuk akses pembayarannya, lanjut dia, para pelaku UMKM masih menggunakan sistem pembayaran yang sederhana. Demikian pula dengan pembayaran pada UMKM berbasis online yang telah menggunakan sistem pembayaran nontunai.

“UMKM dan yang paling mutakhir e-commerce itu tidak terbatas dengan sistem pembayaran. Karena sistem pembayaran untuk perdagangan UMKM atau UMKM online pembayaran masih dilakukan dengan sistem pembayaran yang sederhana. Misalnya dengan cash on delivery, sistem transfer, kartu kredit,” pungkasnya.

STEVY WIDIA

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY