Wirausaha Baru Tumbuh di Bulan Ramadhan

Gelar Karya Kartini Profesional Indonesia 2016. (Foto: Dok.Kemenperin/Youngsters.id)

YOUNGSTERS.id - Bulan Ramadhan melahirkan pengusaha-pengusaha muda yang kreatif dan inovatif. Untuk itu Kementerian Perindustrian mendorong pertumbuhan wirausaha baru.

“Bulan Ramadhan menjadi fenomena tersendiri, saat masyarakat banyak yang berjualan seperti makanan, minuman, pakaian, alas kaki, dan kebutuhan lain,” kata Direktur Jenderal Industri Kecil dan Menengah Kementerian Perindustrian, Euis Saedah, melalui pernyataan resmi Selasa (28/6/2016) di Jakarta.

Saat pembukaan Gelar Karya Kartini Profesional Indonesia 2016 di Plasa Pameran Industri, Kementerian Perindustrian, dia katakan, hingga 2019 pemerintah bertekad menumbuhkan wirausaha baru sebanyak 20.000 industri kecil dan 4.500 industri menengah. Pada 2016 ini, ditargetkan 2.000 industri kecil tumbuh.

Dia juga mendorong pengembangan IKM dalam negeri agar mampu berdaya saing di pasar domestik dan global. “Adapun strateginya, yaitu dengan empat langkah ditambah satu,” ungkapnya.

Langkah-langkah itu yaitu, penguatan keterampilan atau kompetensi para perajin, memfasilitasi teknis produksi dengan mengoptimalkan peralatan, menguatkan adanya standardisasi dan melindungi karya mereka dengan hak kekayaan intelektual.

Sementara, satu hal tambahan adalah penguatan pasar melalui keikutsertaan pada berbagai pameran baik di dalam maupun luar negeri.

STEVY WIDIA

NO COMMENTS

Leave a Reply