Website UGM Paling Populer Versi 4ICU

Website UGM yang paling populer di INdonesia berdasarkan pemeringkatan 4ICU terbaru (Foto: dok. Humas UGM/Youngsters.id)

YOUNGSTERS.id - Situs direktori pendidikan tinggi internasional, 4 International Colleges & Universities (4ICU) menempatkan UGM pada posisi pertama dalam daftar peringkat web universitas di Indonesia.

Sementara itu, di tingkat Asia, UGM berada posisi 75. Sedangkan di tingkat dunia, UGM berada pada peringkat ke-414 dari 11.606 universitas di 200 negara yang diulas.

“Memang bagus kalau kita sudah dapat peringkat tinggi, tapi ke depan semoga bisa terus bergerak lagi, tidak hanya puas dengan yang sekarang. Terus bekerja keras meningkatkan kualitas dan pelayanan yang diberikan,” ujar Indra Wijaya Kusuma, Kepala Kantor Jaminan Mutu UGM, seperti dilansir dari laman UGM.

4ICU University Web Ranking yang dirilis beberapa waktu lalu merupakan salah satu pemeringkatan non-akademis yang menunjukkan gambaran mengenai peringkat popularitas universitas-universitas di dunia berdasarkan popularitas dari website masing-masing universitas. Peringkat ini didasarkan pada algoritma yang meliputi 4 web metrics, yaitu Google Page Rank, Alexa Global Rank, Majestic Referring Subnets, serta Majestic Trust Flow.

Untuk memperoleh hasil pemeringkatan, data web metrics diambil pada minggu yang sama untuk meminimalkan fluktuasi temporal dan memaksimalkam komparabilitas. Sebuah filter pra-komputasi juga digunakan untuk mendeteksi outliers pada data mentah. Kemudian, investigasi lebih lanjut serta ulasan dari data Alexa Traffic Rank dilakukan untuk universitas yang mengadopsi subdomain sebagai laman resmi institusi mereka.

Menurut Indra, saat ini UGM sedang dalam proses untuk menyempurnakan situs resminya agar lebih mudah diakses oleh para mahasiswa, dosen, ataupun pengunjung yang memerlukan informasi mengenai UGM, baik yang berasal dari Indonesia maupun dari luar negeri.

“Dalam beberapa waktu terakhir kami telah mengadakan FGD dengan mahasiswa S1, S2, dan S3 baik yang domestik maupun mahasiswa asing. Dari diskusi itu kami membuat rancangan untuk website UGM agar lebih jelas dan mudah diakses,” ujarnya Indra.

 

STEVY WIDIA

NO COMMENTS

Leave a Reply