Warga Tangerang Kirim Saran Ke Pemkot Lewat Android

Layanan Aspirasi Kotak Saran Anda (LAKSA) dari Pemkot Tangerang. (foto : istimewa)

YOUNGSTERS.id - Warga kota Tangerang sekarang dapat menyampaikan sarang langsung kepada Pemerintah Kota Tangerang lewat android. Sebab kini ada aplikasi Layanan Aspirasi Kotak Saran Anda (LAKSA).

LAKSA merupakan aplikasi pengaduan masyarakat yang dikembangkan oleh Dinas Komunikasi dan Infromatika (Diskominfo) Kota Tangerang. Layanan ini dapat diakses melalui ponsel pintar berbasis android dan mengunduhnya di Google Play Store.

“Dulu, LAKSA dapat diakses dengan mengirimkan short message sevice (SMS) ke 0811-1500-293. Saat ini LAKSA juga dapat diakses melalui telepon pintar dengan sistem android dan mengunduhnya di Google Play Store,” jelas Muharom Kepala Diskominfo Muhtarom dalam siaran pers Senin (18/4) di Tangerang, Banten.

Menurut Muharom pemkot selalu berupaya memberikan kemudahan agar aplikasi yang dikembangkan tersebut sesuai dengan perkembangan teknologi. Karena itu, tak hanya itu, aplikasi ini sudah terintegrasi dengan Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) dan Sistem Informasi Petugas Lapangan (SIGAP) sehingga masyarakat hanya perlu memasukkan nomor induk kependudukan (NIK) saat melakukan log ini.

Untuk masyarakat di luar Kota Tangerang, mereka harus memasukkan NIK, nama, alamat, dan tempat tanggal lahir saat log in di LAKSA.

“Dengan kemudahan aksesnya, kami mengharapkan masyarakat dapat dengan mudah menyampaikan saran, kritik dan pengaduan yang ada sehingga bisa segera ditindaklanjuti oleh petugas,” tambah Muhtarom.

 

ANGGIE ADJIE SAPUTRA

Editor : Stevy Widia