Universitas Pertamina Berhasil Jaring 1.235 Mahasiswa Angkatan Pertama

11 Siswa Pemenang Lomba Kreatif dan Inovatif, Kuliah Gratis di Universitas Pertamina (Foto: Universitas Pertamina/Youngsters.id)

YOUNGSTERS.id - Meski masih berstatus perguruan tinggi baru, Universitas Pertamina berhasil menjaring 1235 mahasiswa baru angkatan pertama tahun akademik 2016/2017. Angka itu diperoleh setelah menyeleksi calon mahasiswa melalui ujian masuk selama tiga gelombang dan mampu menarik minat hingga 5.853 orang peserta.

Diklaim Rektor Universitas Pertamina, Prof Akhmaloka PhD dalam sambutannya mengatakan bahwa para mahasiswa baru yang tergabung di Universitas Pertamina adalah putra putri terpilih yang telah mengikuti tes ujian masuk dengan persaingan yang sangat ketat.

“Universitas Pertamina memastikan akan memberikan perkuliahan yang berkuliatas untuk mempersiapkan mahasiswa menghadapi ketatnya persaingan di pasar tenaga kerja Indonesia beberapa tahun mendatang,” ujar Akhmaloka. “Kami optimis Universitas Pertamina mampu berkontribusi dalam pembangunan Indonesia yang lebih sejahtera dan beradab,” tambahnya.

Disebutkan Akhmaloka, dari 1.235 mahasiswa baru yang diterima di Universitas Pertamina, 15% atau 191 orang merupakan penerima beasiswa. Universitas Pertamina menyediakan tiga jenis beasiswa, yaitu beasiswa ekonomi atau BEUP untuk mahasiswa yang tidak mampu, beasiswa undangan, serta beasiswa prestasi yang disaring melalui Lomba Karya Kreatif Ilmiah yang diselenggarakan pada 7 April -15 Juli 2016.

Beasiswa yang diberikan memiliki tipe keringanan yang berbeda-beda, dari hanya pembebasan biaya kuliah hingga pemberian biaya hidup. Di samping pemberian beasiswa, Universitas Pertamina juga menawarkan pembebasan Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI) kepada 164 orang dan keringanan biaya kuliah sebesar 50 persen kepada194 mahasiswa.

Para mahasiswa berasal dari sejumlah sekolah di 33 propinsi di Indonesia dan beberapa sekolah luar negeri. Jawa Barat menjadi daerah asal mahasiswa terbanyak, yaitu hingga 333 orang. Sementara jumlah mahasiswa berdasarkan jenis kelamin yaitu 805 laki-laki dan 430 perempuan, dan mahasiswa termuda berusia 15 tahun. Para mahasiswa disaring melalui Tes Potensi Akademik (TPA) dengan batas minimal nilai kelulusan (passing grade) 420-500. Sedangkan mahasiswa dengan nilai TPA tertinggi mencapai 720.

Universitas Pertamina memiliki 15 program studi berbasis industri energi yaitu Teknik Geologi, Teknik Geofisika, Teknik Perminyakan, Teknik Elektro, Teknik Mesin, Teknik Kimia, Teknik Logistik, Manajemen, Ekonomi, Teknik Sipil, Teknik Lingkungan, Kimia, Ilmu Komputer, Ilmu Hubungan Internasional, dan Ilmu Komunikasi. Pada angkatan pertama ini, jumlah mahasiswa terbanyak terdapat di prodi Teknik Perminyakan dengan 141 mahasiswa.

 

ANGGIE ADJIE SAPUTRA

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY