UMKM Waspadai Hacker

Indonesia rentan Infeksi malware. (Foto : Ilustrasi/Youngsters.id)

YOUNGSTERS.id - Microsoft Indonesia mengingatkan para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) agar mewaspadai aksi peretasan email dari para hacker, terutama bagi yang menggunakan email gratisan.

“Pelaku UMKM masih kurang aware terhadap penggunaan email gratisan. Berpikirnya yang penting bisa berkomunikasi ke supplier atau konsumen saja. Padahal email gratisan itu sangat rentan diserang hacker,” kata Rudy Sumadi Small Medium Business Lead Microsoft Indonesia, , di acara Microsoft Device Days, di Jakarta, Kamis (10/3) dilansir Beritasatu.

Untuk pelaku UMKM, kata Rudy, aksi peretasan email bisa sangat mengancang kelangsungan bisnisnya. Apalagi beberapa tahun belakangan ini mulai banyak pemberitaan mengenai aksi peretasan yang dilakukan para hacker.

“Setahun terakhir ini banyak email yang dibajak. Costumer seolah menerima email dari supplier untuk membayar sejumlah uang, padahal email tersebut sudah ada di tangan hacker. Ini sangat berbahaya dan bisa merugikan,” papar Rudy.

Untuk membantu para pelaku UMKM dalam memproteksi email-nya, saat ini Microsoft juga sudah menghadirkan layanan email melalui Office 365 atau Exchange email, sebuah layanan yang sebelumnya hanya bisa dinikmati oleh korporasi besar.

“Fitur corporate email yang tadinya hanya bisa dipakai perusahaan besar, mulai hari ini juga sudah bisa dipakai pelaku UMKM. Solusi ini bisa membantu mereka memproteksi emailnya,” tambah Rudy.

 

STEVY WIDIA