UMKM Di Sultra Didorong Tekuni Usaha Kreatif

Produk dari bambu dan rotan, anyaman sorume unggulan UMKM Sultra. (Foto: fokus-umkm/Youngsters.id)

YOUNGSTERS.id - Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara mendorong pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah menekuni beberapa usaha kreatif di daerah itu.

“Dalam setiap kesempatan selalu mengingatkan dan memberikan motivasi kepada pelaku UMKM agar bisa fokus menggeluti usaha kreatif,” kata Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Sultra Laode Andi Pili, dilansir Antara Kamis (14/7/2016) di Kendari.

Menurut dia, upaya sosialisasi yang dilakukan selama ini mulai menunjukan hasil dan sudah banyak pelaku UMKM di wilayah kerjanya menekuni usaha ekonomi kreatif. “Banyak ekonomi kreatif di beberapa kabupaten kota di Sultra dan sebagian besar dilakukan oleh kalangan UMKM,” katanya.

Jenis usaha ekonomi kreatif di daerah itu di antaranya anyaman dari bambu dan rotan, anyaman sorume, kerajinan tenun lokal, pembuatan emping singkong, abon ikan, pengasapan ikan, dan ikan asin.

Pemerintah melalui dinas terkait, kata dia, akan terus melakukan pembinaan terhadap para pelaku UMKM itu, dengan harapan mereka bisa menjadi pendukung perekonomian daerah dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat daerah.

“Kami juga mendorong pelaku UMKM untuk memanfaatkan kredit usaha rakyat,” katanya.

STEVY WIDIA