UKM Waspadai Penipuan Atas nama Diskopindagtan

Produk kerajinan tenun oleh pelaku usaha kecil (foto : Ilustrasi)

YOUNGSTERS.id - – Pelaku UKM diminta waspada atas dugaan upaya penipuan yang mengatasnamakan Dinas Koperasi UKM Perindustrian Perdagangan dan Pertanian (Diskopindagtan) Kota Cimahi. Pembagian dana hibah menjadi alasan pihak tak bertanggung jawab menarik minat pelaku UKM.

Ketika dikonfirmasi, Kepala Diskopindagtan Kota Cimahi Dantje Sunanda membenarkan hal itu. “Benar, ada laporan soal itu. Itu hanya isu, jangan ditanggapi karena tidak benar adanya,” ujarnya dilansir PR, Senin (1/2/2016).

Modus yang dipakai oleh pelaku yaitu menghubungi pelaku UKM lewat telefon. Pelaku UKM diiming-imingi sebagai penerima dana hibah dari Diskopindagtan Kota Cimahi.

Dantje menyatakan tahun 2016 tidak ada program bantuan dana hibah bagi UKM. :Untuk tahun 2016 Pemkot Cimahi memang tidak menganggarkan dana hibah sekalipun, apalagi dana hibah bagi UKM memang tidak ada programnya,” imbuhnya.

Pihaknya khawatir ada pelaku UKM yang terjebak akan aksi penipuan tersebut. Apalagi jumlah UKM di Kota Cimahi mencapai 7.000 pelaku usaha dengan 3.000 pelaku usaha yang aktif produksi.

“Kalau ada yang menerima telefon seperti itu silahkan datang ke kami untuk kroscek, kalau saya ada di kantor akan saya layani. Kami minta pelaku UKM waspada kalau ada tindakan menjurus penipuan. Mudah-mudahan tidak ada yang menjadi korban,” jelasnya.

Bantuan bagi UKM Kota Cimahi dititikberatkan pada kegiatan pelatihan dan pembinaan. Sedangkan program bantuan pembiayaan belum tersedia.
“Kami malah dorong pelaku UKM meningkatkan kapasitas mereka lewat berbagai program binaan di Technopark. Nantinya start up usaha bisa dikembangkan di sana untuk membuka usaha baru,” katanya.

 

STEVY WIDIA

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY