UKM Produksi Mobil Listrik Super

Mobil Super Listrik produksi UKM Singapura

YOUNGSTERS.id - Kata siapa usaha kecil tidak bisa melakukan langkah besar ? Sebuah usaha kecil menengah (UKM) di Singapura siap memproduksi satu unit mobil super bertenaga listrik. Prototipe dari mobil ramah lingkungan itu dijadwalkan rampung akhir bulan ini dan akan diperkenalkan dalam pameran otomotif Geneva Motor Show 2016 di Swis, Maret mendatang.Dikutip dari laman Asiaone pekan ini, UKM calon pabrikan mobil super itu bernama Vanda Electrics. Presiden Direktur WFEW, Wong Fong, mengatakan mobil listrik itu diberi nama Dendrobium.

Wong enggan membocorkan spesifikasi Dendrobium secara spesifik. Tetapi yang jelas mobil super tenaga listrik pertama asal Asia Tenggara itu dibekali baterai Lithium-ion dan mampu melesat 0-100 km/jam dalam waktu kurang dari tiga detik.

Produk tersebut membutuhkan dana hingga US$10 juta. Dana senilai Rp135 miliar itu merupakan investasi perusahaan Wong Fong Engineeing Works (WFEW). Selain Vanda Electrics, pengerjaan mobil listrik Dendrobium dibantu oleh William Advance Engineering (WAE). Seperti diketahui, WAE merupakan perusahaan otomotif asal Inggris yang terjun dalam kejuaraan balap Formula One (F1).

Dalam kerja sama tersebut, Vanda Electrics berperan sebagai desainer interior dan eksterior, perancang arsitektur dasar, serta branding Dendrobium. Sedangkan WAE mengambil peranan sebagai pemasok segala teknologi dalam mobil tersebut.

Sebelum Dendrobium, sebenarnya pernah ada dua proyek pembuatan mobil super di Singapura. Sebut saja proyek Acceleron Electric Drive Systems tahun 2012 dan proyek oleh pengusaha Lim Kian Wee tahun 2008. Akan tetapi tidak ada yang berhasil.

 

STEVY WIDIA

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY