UI Juara Umum Gemastik ke-9

UI meraih Piala “Samakbya Padhesa Widya” sebagai juara umum Gemastik 9. (Foto: UI/Youngsters.id)

YOUNGSTERS.id - Universitas Indonesia (UI) menyabet gelar Juara Umum Pagelaran Mahasiswa Nasional bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (Gemastik) IX/2016. Kemenangan tim mahasiswa UI setelah meraih Juara Satu pada lima kategori lomba yang secara keseluruhan diikuti oleh 119 tim dari 37 Perguruan Tinggi se-Indonesia.

Gemastik merupakan rangkaian perlombaan, pameran dan seminar di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi yang telah berkesinambungan setiap tahunnya. Kegiatan ini merupakan program Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi, sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas peserta didik sehingga mampu mengambil peran sebagai agen perubahan dalam memajukan TIK dan pemanfaatannya di Indonesia.

Pengumuman sekaligus penutupan GEMASTIK IX/2016 yang bertajuk “Enabling Smart Society through ICT” ini dilaksanakan pada Sabtu (29/10/2016) di Sabha Widya UI kampus Depok.

Para pemenang Juara Satu, Dua dan Tiga pada setiap kategori mendapatkan hadiah berupa Piagam dan Uang Tunai masing-masing senilai Rp 11 juta ; Rp 8 juta dan Rp 5 juta serta berkesempatan memperoleh WildCard Ticket ke Semi Final Microsoft Imagine Cup Indonesia (www.imaginecup.com) bagi para pemenang kategori lomba Pengembangan Aplikasi Permainan, Pengembangan Perangkat Lunak, Piranti Cerdas dan embedded system, Pengembangan Bisnis TIK dan e-Government.

Ketua Panitia GEMASTIK IX/2016 Dr. Yugo Kartono Isal menyampaikan selamat kepada Juara Umum dan para pemenang maupun para finalis.

“Kami sangat bangga melihat antusiasme para mahasiswa se-Indonesia di dalam mengikuti kegiatan GEMASTIK ini. Terbukti dari tahun ke tahun, GEMASTIK semakin diminati dimana tercatat 2.307 tim yang berasal dari 113 Perguruan Tinggi se-Indonesia telah mendaftarkan pada 10 kategori lomba GEMASTIK. Diharapkan, para mahasiswa tidak hanya puas pada pencapaian hari ini melainkan terus berkarya dan menyalurkan semangat inovasinya di dalam pengembangan TIK untuk kemajuan SDM bangsa Indonesia,” katanya.

Perguruan Tinggi yang keluar sebagai Juara Umum berhak membawa pulang Piala Bergilir bernama “Samakbya Padhesa Widya” yang artinya “Informasi yang benar untuk ilmu pengetahuan.”

Pada kategori Pemrograman, Nem_HCNU_Peno dari UI diikuti tim Hehehe dari Institut Teknologi Bandung (ITB) dan tim Ristek – Kuikutsaja dari UI berhasil berturut-turut meraih peringkat pertama, kedua dan ketiga. Kategori lomba kedua yaitu Pengembangan Aplikasi Permainan, tim Project Blue-9 dari Politeknik Elektronik Negeri Surabaya, tim Bitart Labs dari Institut Pertanian Bogor (IPB) dan tim Ai Game Studio dari UI meraih juara pertama, kedua dan ketiga.

Berikutnya, tim Rangrang dari Universitas Gadjah Mada (UGM), tim Comrade dari Universitas Komputer Indonesia dan tim Golden dari ITB berhasil mendapatkan peringkat pertama, kedua dan ketiga pada kategori Pengembangan Perangkat Lunak. Tim Perfect Code Party dari UI berhasil meraih peringkat pertama pada kategori Keamanan Jaringan dan Sistem Informasi sedangkan Mavisang dari ITB dan tim 0x6e647268 dari IPB berhasil meraih juara dua dan tiga.

Pada kategori Animasi, tim Animedia dari STMIK Teknokrat berhasil meraih predikat juara pertama, diikuti oleh tim Canan Animation dari Universitas Telkom dan tim Anak Mudo Naik Kudo dari Politeknik Caltex yang meraih juara dua dan tiga.

Selanjutnya, pada kategori Piranti Cerdas & Embedded System, tim Moco Warrior dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), tim Ristek – Zalori dari UI dan tim Zafron dari Universitas Muhammadiyah Malang berhasil memperoleh raihan juara satu, dua dan tiga.

Berikutnya, Desain User Experience, tim Sanfransisco Hills dari UI, tim GreatIDEA dari IPB, dan tim New Player dari UI berhasil meraih juara pertama, kedua dan ketiga. Tim Ristek – Quint dari UI, tim Lumen-v3.1 dari ITS dan tim Vuseon dari Universitas Sumatera Utara (USU) berhasil menjadi pemenang pertama, kedua dan ketiga pada kategori Pengembangan Bisnis TIK.

Lebih lanjut, tim Inst_Tech_Sepuluh dari ITS berhasil memperoleh Juara pertama pada kategori Data mining, diikuti oleh tim Miko & Friends dari UI dan tim Superpencilan dari ITS yang berturut-turut memperoleh peringkat dua dan tiga.

Kategori terakhir yaitu e-Government, tim ABCode dari UI, tim Gktr Blu dari Universitas Budi Luhur dan tim DM dari ITS berhasil memenangkan kompetisi dengan predikat juara pertama, kedua dan ketiga secara berturut-turut. Sedangkan penghargaan non kategori seperti The Most Inspiring Team diberikan kepada tim As datech dari UIN Sultan Syarif Kasim Riau dan tim Silver Bullet dari STMIK Palcomtech Palembang dan Best Poster adalah tim Snorlax dari UGM.

Dekan Fakultas Ilmu Komputer UI Mirna Adriani, Ph.D menuturkan, selaku co-host pelaksanaan GEMASTIK IX/2016, Fakultas Ilmu Komputer UI sangat mendukung ajang lomba TIK Nasional seperti ini karena mampu mendorong kemajuan pendidikan teknologi informasi di Indonesia.

Selain itu, penyelenggaraan GEMASTIK sangat dibutuhkan di era digital sekarang ini, dimana para mahasiswa yang merupakan tulang punggung pertumbuhan inovasi TIK Indonesia membutuhkan wadah untuk memacu ide dan kreativitasnya pada penguasaan ilmu TIK.

Lebih lanjut, Mirna berpesan kepada para mahasiswa untuk tidak putus berkarya sampai sini saja melainkan terus kembangkan potensi diri agar dapat menjadi SDM handal dan tanggung di bidang Teknologi Informasi guna meningkatkan daya saing bangsa.

 

STEVY WIDIA

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY