UGM Tuan Rumah Kontes Mobil Hemat Energi 2016

Tim Semar dari UGM yang merancang mobil hemat energi. (Foto; ugm.ac.id/Youngsters.id)

YOUNGSTERS.id - Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) merupakan ajang yang memberikan kesempatan besar mahasiswa untuk dapat mengembangkan kreativitasnya dalam merancang dan membangun kendaraan yang irit, aman serta ramah lingkungan. Kali ini Universitas Gadjah Mada (UGM) siap menjadi tuan rumah KMHE 2016.

KMHE telah berlangsung secara berkesinambungan selama tiga tahun terakhir di bawah Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia (Kemenristekdikti). Untuk KMHE 2016 akan diselenggarakan pada 1-4 November 2016 di Kompleks Candi Prambanan.

“KMHE 2016 cukup spesial, mengingat karya inovasi teknologi dari mahasiswa dilombakan di venue Candi Prambanan, sehingga ada perpaduan unsur technology, heritage, dan education. Hal ini merupakan keunggulan dari penyelenggaraan KMHE 2016 oleh UGM,” kata Ketua penyelenggara, Dr. Adhika Widyaparaga yang dilansir Humas UGM belum lama ini.

Tema pelaksanaan KMHE 2016 ini adalah “Memayu Hayuning Bawana”. Falsafah dari tradisi budaya Kraton Yogyakarta mengusung unsur inovasi teknologi, edukasi, dan nilai luhur kebudayaan Jawa.

Adhika menambahkan dalam pelaksanaan KMHE 2016 sebanyak 60 tim yang berasal dari universitas se-Indonesia telah melalui tahap seleksi dan lolos dalam putaran final Kontes Mobil Hemat Energi 2016. Adapun kelas yang dilombakan adalah urban dan prototype dengan sumber energi gasoline, diesel, dan listrik. Dalam perlombaan ini, tim dengan penggunaan energi (fuel efficiency) terbaik akan menjadi juara di setiap kelas dan jenis bahan bakar. Selain itu, dilombakan pula kategori off-track yang dilombakan yaitu Best Video dan Best Team.

Dengan adanya acara ini diharapkan seluruh keluarga civitas akademika UGM maupun masyarakat penggemar otomotif se-Indonesia dapat berkontribusi dengan memberikan dukungan penuh serta meramaikan penyelenggaraan acara.

“Pihak penyelenggara membuka kesempatan yang lebar dalam kerja sama dan sponsorship melalui ajang ini,” pungkas dosen di Departemen Teknik Mesin dan Industri Fakultas Teknik UGM itu.

STEVY WIDIA