UangTeman Ekspansi ke Jatim

Layanan fintech UangTeman hadir di Jawa Timur. (Foto: Istimewa/Youngsters.id)

YOUNGSTERS.id - Sebagai pelopor pinjaman online mikro di Indonesia, UangTeman optimistis mampu menumbuhkan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Jatim yang membutuhkan Kredit Modal Kerja (KMK). Untuk itu kemudahan akses untuk memperoleh pinjaman uang secara online tanpa jaminan terus digencarkan oleh UangTeman termasuk ekspansi keProvinsi Jawa Timur (Jatim).

CEO & Co-founder UangTeman, Aidil Zulkifli, mengatakan saat ini UangTeman yang berfokus pada layanan teknologi keuangan (financial technology/fintech) telah melayani sejumlah wilayah di Jatim, yakni Surabaya, Gresik, Malang, dan Sidoarjo.

“Kami hadir di Jatim untuk mempermudah akses keuangan dan mendukung pembiayaan bagi UKM karena semua prosesnya dilakukan secara online, tanpa tatap muka, dan tanpa jaminan. Dengan semakin mudahnya masyarakat di Surabaya, Gresik, Malang, dan Sidoarjo untuk memperoleh pinjaman usaha tentu membuat UangTeman juga dapat berkontribusi terhadap ekonomi di Jatim yang diharapkan dapat tumbuh mencapai 5,8% hingga 6,1%,” ujar Aidil dalam siaran pers di Jakarta, Selasa (28/3/2017).

Menurutnya, masyarakat tidak perlu dipusingkan dengan segala persyaratan yang memberatkan demi memperoleh pinjaman dana tunai. Sejak beroperasi di wilayah tersebut per 1 November 2016, Aidil mengharapkan, total pinjaman yang dapat disalurkan hingga akhir tahun ini mencapai sebesar Rp20 miliar.

“Dan kini, UangTeman, masyarakat yang berdomisili di Surabaya, Gresik, Malang, dan Sidoarjo dapat mengajukan pinjaman sebesar Rp1 juta-Rp4 juta dengan mengakses website www.uangteman.com atau melalui aplikasi mobile UangTeman baik pengguna ponsel pintar (smartphone) versi Android di Google Play Store maupun iOS di App Store,” ungkapnya.

Deputy CEO UangTeman Rio Quiserto menjelaskan, target total pinjaman yang disalurkan Rp20 miliar dari Jatim cukup realistis, mengingat potensi masyarakat setempat yang sangat menginginkan modal usaha sangat besar.

Rio mengungkapkan, masih banyak para pelaku UKM yang sulit memperoleh akses pembiayaan dari lembaga keuangan. Meski demikian, Rio menegaskan, layanan pinjaman online tanpa jaminan yang dilakukan UangTeman tidak hanya menyasar kepada UKM tetapi juga diminati oleh kalangan pekerja atau profesional. Bahkan ada karyawan dari beberapa bank yang sekarang telah menjadi nasabah UangTeman karena prosesnya yang cepat, mudah, dan tanpa jaminan.

“Ya, di Surabaya misalnya, karyawan dari BCA, BRI, BNI, Bank Permata, Bank Mandiri, danada yang dari Bank Indonesia telah menjadi nasabah kami atau mendapatkan pinjaman melalui UangTeman. Hal ini semakin menjukkan tingkat kepercayaan masyarakat dan permintaan akan pinjaman dana tunai di UangTeman terus tumbuh. Kami optimistis hingga akhir tahun 2017, dari Jatim dapat berkontribusi hingga 20% dari total target pinjaman secara nasional yang mencapai Rp100 miliar,” terang Rio.

Chief Technology and Product Officer UangTeman Darmawan Zaini, menyampaikan sejak hadirnya aplikasi mobile UangTeman di Google Play Store maupun di App Store semakin mempercepat proses pengajuan pinjaman yang dilakukan oleh masyarakat. Hingga akhir tahun 2017, Darmawan menargetkan, pengguna aplikasi mobile UangTeman dapat meningkat 300% dibandingkan pencapaian di 2016 yang menembus angka lebih dari 55 ribu.

“Calon nasabah yang butuh pinjaman dana tunai dari UangTeman tidak dibebankan jaminan dan tanpa perlu tatap muka karena semua prosesnya secara online. Bisa sambil tiduran, nonton televisi, dan aktivitas lainnya tinggal gunakan saja smartphone dengan mengunduh aplikasi mobile UangTeman dan langsung upload foto KTP, foto selfie, dan slip gaji atau surat keterangan penghasilan. Tidak susah, tidak sampai lima menit proses pengisiannya maka Andabisa mendapatkan pinjaman pertama maksimal sebesar Rp 3 juta,” jelas Darmawan.

Dia pun menambahkan, UangTeman terus mengembangkan inovasi teknologinya dengan mencairkan pinjaman dana tunai secara online hanya dalam waktu 15 menit sejak pengajuan aplikasi pada tahun ini. Oleh karena itu, Darmawan menyakini, sepanjang tahun 2017 penetrasi penggunaan fasilitas pinjaman di UangTeman akan lebih banyak berasal dari aplikasi mobile dibandingkan desktop yang melalui website www.uangteman.com.

STEVY WIDIA

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY