Tunaiku Optimistis Peluang Fintech di Indonesia

Salah satu nasabah Tunaiku yang berusaha di bidang Konveksi (Foto: Dok. Tunaiku/Youngsters.id)

YOUNGSTERS.id - Seiring munculnya startup-startup financial technology (fintech), diyakini akan berdampak baik bagi perkembangan produk keuangan di Indonesia yang saat ini relatif rendah. Di sisi lain, bagi pemain fintech ada banyak peluang pertumbuhan bisnis yang bisa digarap.

Optimisme itu dikemukakan CEO Tunaiku, Vishal Tulsian. Menurutnya, bentuk peluang-peluang pertumbuhan bisnis fintech yang maju berkembang di Indonesia saat ini seperti bisnis simpan pinjam bagi perorangan atau UKM dengan peer to peer lending atau crowdfunding. Juga, berbagai kemudahan pembayaran menggunakan telepon genggam (mobile payment) telah menjadi pilihan alternatif kegiatan usaha menengah fintech.

“Keberadaan fintech diharapkan dapat membantu melayani pasar yang belum terjangkau dengan memahami kebutuhan mereka. Inilah tantangan yang mendasar yang harus kita ketahui dari kebutuhan mereka,” ujarnya.

Menurut Vishal, jika berkaca pada perkembangan fintech di negara-negara berkembang, maka kondisi Indonesia saat ini juga menjadi pemicu bagi pertumbuhan usaha fintech. Pasalnya, dari total populasi masyarakat Indonesia, baru sekitar 30% penduduk Indonesia yang memiliki akses ke layanan perbankan.

Di sisi lain, saat ini ada sekitar 330 juta pengguna telepon genggam di Indonesia dan pengguna internet aktif sekitar 88 juta orang. Dengan meningkatnya pengguna gadget di masyarakat Indonesia membuat fintech semakin populer. Tidak heran, usaha fintech menjadi pilihan bagi generasi muda yang ingin mengakses dan memanfaatkan fasilitas perbankan secara digital melalui teknologi finansial ini.

Pertumbuhan bisnis Tunaiku sendiri, diklaim Vishal, mengalami peningkatan. Tercatat sampai kuartal pertama 2017, Tunaiku telah berhasil meningkatkan jumlah nasabah menjadi 33.000 dari semula 30.000 akhir 2016 lalu. Produk dana pinjaman yang disediakan Tunaiku per nasabah mulai Rp 2-10 juta, dengan jangka waktu pengembalian pinjaman mulai 6 – 12 bulan.  Tunaiku memiliki tiga produk unggulan, yaitu: Tunaiku KTA, Tunaiku Prioritas, Tunaiku Referral.

“Antusias yang luar biasa dan kekuatan dana dari Tunaiku menjadikan Tunaiku makin dipercaya oleh masyarakat,” pungkasnya.

 

FAHRUL ANWAR

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY