Transformasi Digital Sukseskan Pariwisata Indonesia

Menteri Pariwisata Arief Yahya. (Foto : Istimewa/Youngsters.id)

YOUNGSTERS.id - Transformasi digital diyakini akan membawa kebaikan bagi Pariwisatan Indonesia. Bahkan dengan inii, target menjaring 20 juta wisatawan di 2019 dapat terlampaui.

“Go Digital Be The Best” akan diangkat menjadi new hope Wonderful Indonesia untuk naik panggung sebagai the best digital marketing in the world. Nomor satu di dunia, menyentuh semua orang di muka bumi. Dan yang utama, Wonderful Indonesia harus tumbuh dan menyalip dua rival utama, Malaysia Truly Asia dan Amazing Thailand,” demikian disampaikan Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya, yang dilansir laman Kemenpar (15/9/2016).

Arief yakin, hanya dengan cara digital, pariwisata Indonesia bisa melompat para pesaing. Ada tiga skenario yang akan dijalankan pemerintah, yakni retaining your customers, ecquiring your customers dan Winning the future customers.

Retaining your customers, menyangkut moment of truth, bagaimana memberi kesan pertama wisatawan mancanegara masuk ke Indonesia. Ini terkait dengan pelayanan di Imigrasi. Acquiring your customers itu soal strategi sales. Arief Yahya mencontohkan ada yang Get More Pay More, seperti Garuda dan Singapore Airlines, membayar mahal untuk mendapatkan fasilitas yang istimewa. Ada yang Less for Less, seperti LCC (low cost carrier) Lion, Air Asia, Citilink, dan lainnya.

“Yang kita desain adalah You Get More, You Pay Less! Membayar dengan harga yang sama, tetapi mendapat fasilitas dan keunggulan yang besar,” tandas Arief Yahya.

Winning the future customers, menggunakan digital untuk memenangkan persaingan di masa depan. “Kita harus sadar, digital itu akan semakin akrab dengan kehidupan orang, dan ke depan akan semakin kuat. Maka kita tidak mungkin, marketing tanpa menggunakan digital,” tutur Arief

Sebagai perbadingan dengan Malaysia, Indonesia hanya unggul sustainable yang tumbuh 10,3%. Sementara sustainable Malaysia minus 15%. Namun Arief percaya dengan Go Digital maka pariwisata Indonesia akan mengalami peningkatan.

“Salip menyalip teknologi aplikasi, kejar mengejar kecepatan komunikasi data hingga kompetisi menyediakan kontent terbaik menjadi salah satu cara untuk menjadi juara . Semakin digital semakin personal, semakin digital semakin global. Semakin digital semakin professional. Akan saya buktikan penggunaan digital itu akan membuat pariwisata Indonesia melompat lebih tinggi,” ungkap Arief.

FAHRUL ANWAR

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY