Toyota Gelar Eco Youth Ke-10

Toyota Eco Youth (TEY) ke 10 diluncurkan. (Foto: toyotaindonesiamanufacturing.com)

YOUNGSTERS.id - Toyota Indonesia kembali menggelar Toyota Eco Youth (TEY), kompetisi lingkungan bagi pelajar tingkat SLTA.  Kompetisi akan mempertandingkan ide para pelajar berkaitan dengan inovasi maupun invensi dalam upaya menciptakan produk ramah lingkungan dan ecosociopreneur.

Wakil Presiden Direktur PT Toyota Astra Motor (TAM) Henry Tanoto mengungkapkan TEY ke-10 diharapkan mampu menanamkan nilai-nilai Ecosociopreneur kepada para pelajar.

“Harapannya, dengan program ini bisa mengembangkan gaya hidup yang lebih kondusif dan ramah lingkungan bagi generasi mendatang,” ujarnya, Kamis (31/3/2016).

Di tahun penyelenggaraan yang ke-10, TEY akan mengusung tema “Eco Socio Preneur”, yaitu penetapan pola pikir ramah lingkungan dalam menghadapi permasalahan lingkungan secara berkelanjutan yang dapat diaplikasikan sejak dini untuk dijadikan kegiatan bisnis di masa depan. Tahun ini, TEY menargetkan menerima sekitar 2.500 proposal dari sekolah menengah umum dan kejuruan yang tersebar di 26 provinsi di tanah air.

Tim Toyota Indonesia akan melakukan seleksi proposal dengan dibantu oleh para juri profesional sampai terpilih pemenang di tiap kategorinya.

EY ke-10 terbagi dalam dua kategori, yakni sains dan social. Untuk jumlah proposal proyek lingkungan yang diterima nantinya juga akan dipilih menjadi 25 finalis dari yang sebelumnya hanya 20 finalis.

Sosialisasi kegiatan ini akan dilakukan di delapan kota besar Program ini dimulai dengan serangkaian kegiatan sosialisasi di 8 kota besar, yaitu Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Makassar, Manado dan Medan selama periode Maret hingga April 2016. Pihak panitia akan menyeleksi seluruh proposal peserta mulai Mei 2016 dan pada bulan yang sama dilakukan penyampaian garis-garis pendampingan proyek.

Selanjutnya pada Mei-Agustus 2016 akan dilakukan implementasi dari 25 proyek lingkungan, kemudian penjurian tahap akhir dan penyerahan penghargaan bagi enam proyek pemenang dilakukan pada September 2016.

Meski kompetisi diperlombakan bagi peserta pelajar SMA, namun diharapkan dalam tiap proyeknya dapat melibatkan bukan hanya masyarakat umum tapi juga kalangan perguruan tinggi. Pemenang akan mendapat dukungan dari Toyota untuk mewujudkan proyeknya. Dukungan tersebut berupa uang tunai senilai total ratusan juta rupiah bagi para pemenang. Segeralah mendaftar.

 

 

STEVY WIDIA

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY