Tim Tari Indonesia Juara Umum Festival Folklore Internasional

Grup Folklore Danadyaksa Budaya juara umum lintas kategori, dalam Festival Folklore Internasional Dance in Catalonia 2016 di Kota LLoret de Mar, Costa Brava, Spanyol. (Foto : Istimewa)

YOUNGSTERS.id - Grup Folklore Danadyaksa Budaya SMP Labschool Cibubur berhasil meraih medali emas kategori usia 8 hingga 16 tahun sekaligus meraih Grand Prix, juara umum lintas kategori, dalam Festival Folklore Internasional Dance in Catalonia 2016 di Kota LLoret de Mar, Costa Brava, Spanyol.

Pengumuman pemenang dilaksanakan di Grand Casino Costa Brava, Lloret de Mar dilansir ANTARA News London baru-baru ini.  Festival yang berlangsung dari tanggal 20 sampai 24 Maret itu diikuti 25 grup penampil dari 11 negara, antara lain Mesir, Uzbekistan, Rusia, Armenia, Kuba, Indonesia dan tuan rumah Spanyol.

Grup Danadyaksa Budaya yang terdiri dari 31 siswa-siswi menampilkan empat nomor tarian tradisional Nusantara, yaitu Tarek Pukat dan Ratoh Jaroe (Gayo, Aceh), Tari Lenggang Langgak (Betawi) dan Tari Gantar Alak (Dayak, Kalimantan).

Diana, selaku perwakilan panitia penyelenggara Dance in Catalonia 2016 mengungkapkan grup Danadyaksa Budaya berhasil memukau para dewan juri dan juga penonton yang turut menyaksikan langsung.

“Kami terpukau dengan penampilan tim Indonesia, dengan usia semuda itu mampu menarikan tarian tradisi dengan tingkat kesulitan tinggi dengan sangat baik,” ujarnya.

Kepala Sekolah SMP Labschool Cibubur, Drs. H. Uswadin, M.Pd., mengungkapkan rasa syukur atas prestasi yang luar biasa tim Danadyaksa Budaya SMP Labschool Cibubur yang berhasil meraih peringkat terbaik pada festival ini.

“Keberhasilan ini diraih berkat kerja keras anak-anak dan tim pelatih juga dukungan dan doa orang tua serta semua pihak. Melalui kebudayaan, anak-anak mampu mengibarkan merah putih di kancah folklore dunia,” ujarnya.

Sebelumnya dua tahun lalu SMP Labschool Cibubur juga berhasil meraih medali emas pada Festival Folklore Internasional InterFolk di Saint Petersburg, Rusia, November 2014.

 

STEVY WIDIA

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY