Tim ITB juarai Kompetisi Ide Bisnis FIFGroup 2016

FIFGroup menggelar kompetisi ide bisnis. (Foto: Istimewa/Youngsters.id)

YOUNGSTERS.id - Tim 3Fiers dari Institut Teknologi Bandung (ITB) berhasil menjadi juara pertama Kompetisi Ide Bisnis FIFGroup 2016. Ajang ini bertujuan melibatkan generasi muda dalam memajukan perekonomian Indonesia.

PT Federal International Finance (FIFGroup) memberikan apresiasi kepada para pemenang Kompetisi Ide Bisnis FIFGroup dalam acara tepat di hari Sumpah Pemuda, Jumat (28/10/2016) di Jakarta.

“Kalau generasi muda ingin benar-benar berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi bangsa, mereka harus ikut berpartisipasi mengembangkan diri sendiri dan masyarakat sekitar. Melalui ide bisnis tersebut mereka kembangkan sekitar mereka secara nyata.” tutur Suhartono, Presiden Direktur & CEO FIFGroup Dalam siaran pers FIFGroup.

Selain tim 3Fiers, tim Sawah Kita dari Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta menempati posisi kedua, dan tim The Molkaz juga dari ITB menempati urutan ketiga. Ketiga tim tersebut memperoleh hadiah dan modal kerja, masing-masing sebesar Rp 60 juta, Rp 40 juta, dan Rp 30 jut.

Suhartono mengatakan FIFGroup tidak hanya sekadar mencari ide bisnis yang terbaik, namun juga mendorong para pemenang untuk mewujudkan ide bisnis tersebut. “Kami ingin generasi muda itu bisa mengekspresikan ide-ide bisnis mereka. Setelah itu, kami ingin membantu mewujudkannya, maka kami beri mereka modal kerja.” tambah Suhartono.

Dalam pelaksanaannya, Kompetisi Ide Bisnis FIFGROUP ini mengandeng banyak tokoh terkemuka di tanah air seperti Aviliani, pakar ekonomi serta komisaris independen salah satu bank nasinoal serta Prof Roy Sembel, akadmesi serta praktisi di bidang ekonomi dan bisnis.

Anggota dewan juri Kompetisi Ide Bisnis FIFGroup, Prof Roy Sembel dan Aviliani menyatakan kekagumannya terhadap inisiatif pelaksanaan kegiatan ini serta berharap kegiatan yang sama dapat terus dilaksanakan di tahun yang akan datang.

“Saya rasa sayang sekali apabila ini hanya dilakukan sekali saja. Kegiatan ini bagus sekali dan sangat bermanfaat bagi banyak pihak.” tutur Aviliani.

Setelah berkunjung ke tujuh kota, yakni Jakarta, Depok, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Malang, dan Surabaya, Kompetisi Ide Bisnis FIFGroup menjaring 168 pendaftar hingga periode pendaftaran ditutup.

Dari 168 tim tersebut, seleksi FIFGroup memilih 25 tim terbaik yang diundang untuk menghadiri rangkaian final di Jakarta. Sejak 25 Oktober lalu, para semifinalis dibekali dengan berbagai ilmu, pengetahuan, serta pengalaman baru mengenai praktik ekonomi dan bisnis.

Melalui rangkaian seminar, workshop, dan aktivitas tersebut, para semifinalis didorong untuk mempertajam sense of business mereka.

Hasilnya, delapan tim berhasil lolos menuju grand final. Dalam tahap ini, FIFGroup tidak lagi hanya mencari sebuah ide bisnis yang applicable atau profitable dalam praktiknya, namun juga bisnis yang memiliki manfaat bagi bagi masyarakat.

Sampai akhirnya ditetapkan tiga pemenang utama yang berhak mendapatkan bantuan modal kerja bernilai total Rp 270 juta.

 

STEVY WIDIA

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY