Tiket.com Dorong Wisata Indonesia Dengan Layanan Interkoneksi

Gaery Undarsa Chief Communication Officer & Co-Founder Tiket.com. (Foto: Istimewa/Youngsters.id)

YOUNGSTERS.id - Tiket.com berkomitmen mendorong pariwisata di Indonesia. Karena itu pengembangan bisnis terus dilakukan dengan memperluas rute pelayanan dan interkoneksi antar jasa transportasi.

“Upaya kami untuk saat ini mengkoneksikan antara pesawat dan kereta api,” kata Gaery Undarsa, Chief Communication Officer & Co-Founder Tiket.com, Selasa (23/8/2016) di Jakarta.

Sebagai contoh, Gaery menjelaskan, perjalanan Medan ke Tegal Tiket.com mulai menawarkan perjalanan dari pesawat udara yang dilanjutkan dengan kereta Api. “Ke depannya pengguna akan dapat langsung memilih perjalanan dari Medan ke Tegal,” ujar dia.

Lebih lanjut, Gaery mengungkapkan, dalam lima tahun ini Bali, Surabaya, Medan, Jogjakarta dan Medan menjadi lima kota tujuan penerbangan terfavorit di Tiket.com.

Bertepatan dengan ulang tahunnya yang ke-5, Tiket.com juga membuka kantor ketiga setelah mereka memiliki kantor utama di Jakarta serta di Bali. Menurut Gaery pembukaan kantor ini bukan untuk transaksi, sebab semua transaksi pemesanan tiket dilakukan secara online.

“Kantor menjadi tempat representatif saja, sebab kami butuh representasi seperti untuk bekerjasama dengan travel agent, hotel dan lainnya,” ujarnya. Ia menyebutkan saat ini transaksi pemesanan tiket di Tiket.com mencapai 15.000 per hari. Pertumbuhan sejak diririkan mencapai 100% per tahun. Adapun Jogja masuk dalam tiga besar tujuan pemesanan hotel, sedangkan tiket transportasi, nomor empat di Indonesia setelah Jakarta, Medan dan Surabaya.

Untuk itu Tiket.com berkomitmen untuk mendorong pengembangan pariwisata di Indonesia. “Kami mulai memperkenalkan destinasi unik dengan menghadirkan promo Bangka Belitung misalnya,” kata Gaery.

“Kami bukan berdasarkan destinasi lagi, tapi lebih hype-nya ke arah mana. Pelan-pelan ke tempat yang lebih spesifik, contohnya Danau Toba, karena Garuda Indonesia baru membuka perjalanan ke situ dan kami melihat ada demand-nya,” lanjut dia.

Tidak hanya mendorong pariwisata dengan memperluas rute penerbangan Indonesia, Tiket.com juga berniat menjual lebih banyak tiket penerbangan rute luar negeri dengan menggandeng 30 maskapai penerbangan, diantaranya Garuda Indonesia, Singapore Airlines, Malaysia Airlines dan Cathay Pacific.

“Yang tadinya tidak bisa pesan, sekarang sudah available step by step, untuk saat ini baru 10 maskapai. Dari segi teknis sudah siap, tapi 30 maskapai punya 30 peraturan pembatalan atau refund yang berbeda,” ujar Gaery.

“Karena pola pembelian tiket internasional berbeda dengan lokal, untuk tiket internasional pengguna biasanya membeli tiket pulang pergi,” tambah dia.

iket.com saat ini melayani pemesanan tiket pesawat, kereta api, hotel, persewaan mobil, objek wisata dan kegiatan seperti konser musik. Guna meningkatkan transaksi, mereka terus melakukan promosi dengan berbagai cara seperti memberikan promo dan membentuk komunitas di kota-kota. Di Jogja, mereka membentuk komunitas blogger.

 

STEVY WIDIA

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY