Telkomsel-BTPN Bersinergi Salurkan Bantuan Non Tunai

Uji coba penyaluran non-tunai bantuan sosial pemerintah melalui layanan TCASH Ekstra - BTPN Wow! (Foto; Istimewa/Youngsters.id)

YOUNGSTERS.id - Pemerintah tengah mendorong pencairan dana bantuan pangan secara nontunai. Langkah ini butuh edukasi kepada semua lapisan masyarakat. Untuk itu Telkomsel bekerjasama dengan PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional Tbk (BTPN) dan Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) melakukan uji coba penyaluran non-tunai bantuan sosial pemerintah melalui layanan TCASH Ekstra – BTPN Wow.

Vice President MFS Operations Telkomsel Rudy Hamdani mengatakan uji coba penyaluran non-tunai bantuan sosial pemerintah merupakan bentuk dukungan Telkomsel dan BTPN dalam percepatan keuangan inklusif (financial inclusion) dan Gerakan Nasional Non-Tunai (GNNT) melalui teknologi informasi.

“Kami mendapat respon yang baik dalam pelaksanaan uji coba ini. Sebanyak 98% penerima manfaat berpartisipasi dalam pencairan bantuan sosial tahap pertama, dan sebagian besar penerima manfaat merasa mekanisme yang ditawarkan TCASH Ekstra – BTPN Wow! lebih mudah, cepat, dan bisa dicairkan kapan saja dibutuhkan di agen terdekat. Selain itu, jenis pangan dapat dipilih sehingga penerima manfaat bisa mendapatkan pangan dengan kualitas lebih baik,” kata Rudy, dalam keterangan pers Rabu (5/20/2016) di Bogor, Jawa Barat.

TCASH merupakan saluran untuk dapat melakukan pencairan dana bantuan pangan. Layanan NFC (Near Field Communication) yang digunakan TCASH akan memberikan banyak kemudahan kepada penerima manfaat dalam bertransaksi. Cukup dengan menempelkan (tap) ponsel yang telah terhubung dengan TCASH ke ponsel NFC (pengganti EDC) milik agen, maka transaksi dapat dilakukan.

Transaksi TCASH juga aman, karena menggunakan PIN enam digit untuk memproteksi transaksi mereka. “Penerima manfaat juga dapat secara langsung mengetahui informasi terkait bantuan sosial dari ponselnya seperti notifikasi distribusi bantuan sosial, jumlah dana bantuan, dan histori transaksi,” ujar Rudy.

Sedang BTPN Wow! adalah sebuah layanan perbankan yang dapat diakses melalui berbagai tipe ponsel dan didukung jasa agen untuk meningkatkan jangkauan bank ke masyarakat di pelosok.

“Apa yang kami lakukan di sini sejalan dengan komitmen BTPN untuk mengambil peran penting dalam mewujudkan keuangan yang inklusif di Indonesia. Dengan BTPN Wow!, penerima manfaat sekaligus dapat terhubung dengan layanan perbankan formal,” kata Achmad Nusjirwan Sugondo Product and Customer Experience Head BTPN Wow!.

Telkomsel dan BTPN, pada April 2016 telah bekerjasama mengembangkan layanan keuangan terhubung antara TCASH dan BTPN Wow! yang dipasarkan secara bersama. Layanan ini menghubungkan mobile money TCASH serta rekening tabungan BTPN Wow! yang merupakan layanan perbankan dengan memanfaatkan ponsel dan didukung jaringan agen untuk transaksi perbankan.

Ada 34 agen BTPN Wow! yang juga merupakan merchant TCASH telah ditunjuk untuk dapat melayani pencairan dana ke lebih dari 1.500 penerima manfaat uji coba. Hal ini merupakan bagian dari persiapan implementasi penyaluran non-tunai bantuan sosial pemerintah tahun 2017 kepada 15 juta penerima manfaat. Sosialisasi layanan dilakukan secara menyeluruh dengan melibatkan pihak kelurahan dan agen agar masyarakat dapat betul-betul merasakan manfaat dari layanan yang ditawarkan.

Uji coba dilakukan di Kelurahan Karanggan dan Kelurahan Telanjung Udik, Bogor (Jawa Barat), Kelurahan Kp. Baru dan Kelurahan Gajahan, Surakarta (Jawa Tengah), Kelurahan Kp. Rambutan dan Kelurahan Kelapa Dua Wetan (Jakarta Timur), serta Kelurahan Matsum II dan Kelurahan Matsum IV, Medan (Sumatera Utara).

“Melalui layanan mobile payment yang berbasis teknologi informasi, Telkomsel lebih jauh dapat membantu pemerintah mendapatkan profil penyaluran bantuan sosial sehingga pemerintah dapat memastikan keakuratan distribusi yang dilakukan,” tambah Rudy.

STEVY WIDIA

NO COMMENTS

Leave a Reply