Telkom University (Tel-U) Siap Mendunia

Telkom University (Tel-U) raih Original Rekor Indonesia (ORI). (Foto : Istimewa/Youngsters.id)

YOUNGSTERS.id - Telkom University (Tel-U) telah memasuki usia ke 3 tahun. Meski terbilang muda, Universtias yang diselenggarakan Yayasan Pendidikan Telkom (YPT) ini telah mencatat sejumlah prestasi. Perlahan tapi pasti, Tel-U siap menuju visi menjadi perguruan tinggi berkelas dunia.

“Tiga tahun memang bukan waktu yang lama, namun sangat penting karena ini merupakan fase ketika kita harus meletakkan nilai-nilai fundamental yang akan menentukan kokoh tidaknya institusi ini,” ujar Rektor Tel-U, Prof Ir Mochamad Ashari, M Eng, Ph D, Rabu (7/9/2016) pada acara Refleksi 3 Tahun Telkom University di kawasan Bandung Technoplex, Bandung, Jawa Barat.

Menurut Rektor, berkat kerjasama yang erat serta kerja keras dari seluruh sivitas akademika, tiga tahun ini sudah dilewati dengan penuh dinamika. Bahkan Tel-U mendulang sejumlah prestasi.

Misalnya, prestasi dalam pemeringkatan karya ilmiah di jurnal internasional. Dari sekitar 4.000 lebih Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Indonesia, Tel-U meraih Top 2 – Scopus Indexed Publications, dan 16 di peringkat nasional. Selain itu, versi 4ICU (International College & Univ) Tel-U berada di peringkat ke-4. Begitu pula dalam hal pemeringkatan Webometrics, Tel-U berada di posisi Top 6 (23 ranking Nasional, dan pada posisi 3.042 rangking dunia). Di bidang lingkungan, kampus hijau nan asri Tel-U berhasil menduduki Top 212 World – Green Metric Dunia yang diselenggarakan oleh Universitas Indonesia.

Kontribusi para peneliti juga terus meningkat dengan semakin banyaknya karya-karya ilmiah yang dapat diakses di jurnal-jurnal internasional.

“Demikian pula prestasi yang dicatatkan oleh mahasiswa kita. Peningkatan tidak hanya terjadi secara kuantitatif pada jumlah mahasiswa yang bertambah dari tahun ke tahun, tetapi secara kualitatif, mahasiswa kita juga terus menunjukkan kemampuannya di berbagai lomba baik di tingkat nasional maupun internasional,” ungkap Ashari.

Misalnya prestasi Tim Garuda Malaka yang meraih 1st Prize (Juara 1) dalam Industry Applications Society (IAS) Awards 2016. Berkat raihan ini, tim Garuda akan menerima Award di Amerika Serikat bulan September ini. Selain Itu, prestasi terbaru diraih Tim Robot Fakultas Ilmu Terapan yang berhasil membawa pulang medali emas dan mengharumkan nama Indonesia dalam ajang World Robot Games (Wrg) 2016 Agustus lalu.

Sejak Diresmikan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Pada 31 Agustus 2013, Telkom University (Tel-U) atau Universitas Telkom telah melewati tiga tahun yang sangat dinamis.Berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kemendikbud Nomor 309/E/0/2013, Tel-U berdiri pada tanggal 14 Agustus 2013.

Perguruan tinggi ini merupakan penggabungan dari empat Perguruan Tinggi Swasta, yaitu Institut Teknologi Telkom (IT Telkom), Institut Manajemen Telkom (IM Telkom), Politeknik Telkom, dan Sekolah Tinggi Seni Rupa dan Desain Indonesia Telkom (STISI Telkom).

Kini, lebih dari 34.000 alumni telah tersebar di berbagai negara, dan 27.000 mahasiswa yang sedang menempuh studi di kampus tercinta. Ini menunjukkan betapa besar potensi yang dimiliki oleh mahasiswa kita dalam menyambut persaingan di era digital.

STEVY WIDIA

NO COMMENTS

Leave a Reply