Startup Fintech dan IoT Jadi Incaran Investor Tahun 2017

Andi Boediman Managing Partner Indeosource. (Foto: Techinasia/Youngsters.id)

YOUNGSTERS.id - Pasar IoT dan financial technologi (fintech) di Indonesia masih sangat besar. Sejumlah investasi asing siap menggelontorkan dana untuk startup lokal di sektor ini. Managing Partner Indeosource, Andi Boediman memprediksi dunia investasi dan startup di Indonesia masih menjadi incaran investor pada 2017.

“Dari sisi investasi, dari luar negeri masuk ke Indonesia. Pemain Indonesia akan tetap bagus, coorporate investment akan masuk, financial entity dari luar akan masuk dalam jumlah yg besar, pemain besar akan diinvestasi investor besar,” ungkap Andi, saat ditemui dalam Konferensi teknologi Tech In Asia Jakarta 2016, Rabu (16/11/2016) di Balai Kartini, Jakarta.

Menurut Andi menyatakan, kebanyakan investor akan condong memilih industri fintech, data analytic, dan Internet of Thing (IoT). “itu yang kita pilih akan punya opportunity,” ujar dia.
Selain Fintech dan IoT, urutan kedua yang mendapat dana terbesar ialah e-commerce, marketplace, travel, dan social network.Perusahaan modal ventura, Ideosource akan menggelontorkan dana bagi bisnis digital sebesar US$35 juta di 2017. Mereka akan membagi modal ventura itu dalam dua bagian, bisnis digital yang telah besar dan startup.

Untuk bisnis digital yang tergolong sizable (cukup besar), modal venturanya US$30 juta dan untuk startup adalah sisanya, sekitar US$5 juta. Tapi untuk kriteria startup yang akan mereka berikan modal ventura belum disebutkan secara rinci. Andi mengatakan, mereka memilih sesuai tren dan kemauan saja.

Tetapi, tambah Andi, yang terpenting bagi Ideosource dalam memilih bisnis digital mana yang akan dibantu, dinilai dengan sisi penting, yakni kualitas bisnis dan siapa founder-nya.

STEVY WIDIA

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY