Solusi Big Data Karya Putera Indonesia Mulai Go Internasional

YOUNGSTERS.id - Solusi big data analytics karya putra Indonesia, yaitu PAQUES, mulai merambah pasar internasional. Ini ditandai oleh penandatangan kesepakatan antara PT Delapan Sebelas Indonesia atau lebih dikenal i-811 dengan Topsites Internet Limited, di ajang CeBIT 2016 Hannover Jerman.

PAQUES merupakan enterprise software Big Data Analytics solution yang dikembangkan PT Delapan Sebelas Indonesia (i-811). Dengan keistimewaannya yang simple, mudah dan lengkap sampai visualisasi serta sudah dilengkapi dengan teks analitik yang mampu mengolah bahasa Indonesia, Paques sudah dipercaya dan dipergunakan di beberapa perusahaan Indonesia. Antara lain di perusahaan telekomunikasi, ritel, keuangan serta kementrian dan lembaga pemerintah Indonesia.

Sebanyak 14 perusahaan Indonesia mengikuti salah satu pameran bisnis teknologi digital terbesar di dunia, CeBIT 2016 yang berlangsung pada tanggal 14 – 18 Maret 2016 di Hannover, Jerman. Pameran tahunan ini menampilkan tema terbaru “The digitization of business and society”dengan inovasi bisnis pada Cloud Computing, Big Data, Mobility dan Social Media.

Dari 14 perusahaan Indonesia di ajang CeBIT 2016 yang dibawa Kementerian Perindustrian, i-811 menjadi satu–satunya perusahan startup yang mewakili Indonesia. Startup di bidang teknologi informasi ini membawa Solusi Big Data Analytics dengan nama PAQUES ke ajang internasional itu.

Walaupun i-811 masih startup, PAQUES sebagai produk asli karya anak bangsa dengan TKDN 100% ini terbukti tidak hanya numpang lewat di ajang bergengsi sekelas CeBIT. Jauh hari sebelum CeBIT 2016 digelar, perusahaan asal Swiss dan Jerman kepincut dengan PAQUES dan membuat janji untuk bertemu di ajang CeBIT 2016 itu demi mengetahui lebih jauh tentang PAQUES.

Puncaknya pada hari kedua penyelenggaraan ajang pameran internasional itu, i-811 berhasil menarik minat perusahan asal Eropa lainnya, yakni Topsites Internet Limited, yang berkomitmen menjalin kerja sama dengan i-811.

“Topsites Internet Ltd akan menjadi mitra reseller produk Paques Big Data Analytics Solutions di Inggris dan negara-negara Eropa,” kata CEO i-811 Benni Adam usai penandatanganan kerjasama antara i-811 dengan Topsites Internet Ltd di Hannover, Jerman, akhir pekan lalu.

Topsites Internet Limited adalah perusahaan asal Inggris, sebagai perusahaan pengembang aplikasi perangkat lunak yang sangat dinamis. Perusahaan ini mengkhususkan diri dalam menyediakan jasa dan solusi perangkat lunak untuk perusahaan yang terlibat dalam Direct Selling, Penjualan Online dan Telekomunikasi. CEO Topsites Tahir Ali adalah konsultan bisnis yang sangat berpengalaman dalam merancang dan mengintegrasikan sistem perangkat lunak untuk operasi bisnis.

 

ANGGIE ADJIE SAPUTRA

Editor : STEVY WIDIA