SNI Penting Bagi Pengusaha

Contoh produk yang tidak memenuhi ketentuan SNI

YOUNGSTERS.id - – Badan Standar Nasional Indonesia menekankan pentingnya Standar Nasional Indonesia (SNI) bagi pelaku usaha mikro dan kecil menengah di era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) yang sudah berlaku tahun 2016 ini. SNI tidak akan mematikan usaha kecil, kreatifitas maupun inovasi.

Kepala Pusat Sistem Penerapan Standar BSN Zakiyah mengatakan sebagaimana yang berlaku di negara-negara lain terutama negara maju, Indonesia juga memerlukan standardisasi yang memungkinkan masyarakat mendapatkan jaminan kualitas dan aman. Dia juga menampik anggapan penerapan SNI akan mematikan usaha kecil, kreatifitas maupun inovasi.

“Penerapan SNI justru memfasilitasi inovasi supaya bisa mengarah kepada hilirisasi. Dengan hilirisasi akan mendorong produk massal, yang imbas berikutnya merekrut tenaga kerja,” katanya dalam siaran pers baru-baru ini.

Menurut Zakiah pasar produk lokal yang tak memiliki daya saing akan tergilas oleh produk dari ASEAN yang jauh lebih kompetitif. “Melalui pembinaan kepada pelaku usaha, tujuan dari SNI lebih efektif. Selain melindungi konsumen dari masalah keamanan, keselamatan, kesehatan, dan fungsi kelestarian lingkungan hidup, SNI meningkatkan daya saing produk lokal,” paparnya lagi.

Zakiah berharap dalam pembinaan dan bantuan pelaku usaha mikro dan kecil meraih SNI, perlu melibatkan berbagai pihak baik dari kementerian, lembaga pemerintah, maupun pemerintah daerah.

“Bekerjasama dengan stakeholder termasuk universitas kami telah melakukan pembinaan kepada 322 industri/organisasi dalam menerapkan SNI pada tahun 2016,” tandasnya.

 

 

STEVY WIDIA