Smesco Ajak Generasi Muda Jadi Wirausaha Kreatif

Sumber Daya Manusia penting bagi UKM. (Foto : Ilustrasi/Youngsters.id)

YOUNGSTERS.id - YOUNGSTERS.id – Kalangan generasi muda didorong untuk terlibat langsung dalam kegiatan kewirausahaan kreatif.  Sehingga mereka tidak lagi menjadi pencari kerja tapi pencipta lowongan kerja. Untuk itu para  Lembaga Layanan Pemasaran Koperasi dan UKM (LLP KUKM) Kementerian Koperasi dan UKM LLP menggelar bertajuk “Smesco Sound Project”.Bekerja sama dengan 21 perguruan tinggi negeri maupun swasta,  para mahasiswa belajar dengan praktik langsung pada mata kuliah kewirausahaan di gedung Galeri Indonesia Wow.

Direktur Utama LLP KUKM Ahmad Zabadi mengatakan, program kewirausahaan yang dilaksanakannya bertujuan memberikan wawasan, inspirasi, dan motivasi agar membentuk jiwa wirausaha bagi kalangan pelajar.

“Saat ini, pelaku usaha tampak sekali sulit naik kelas, terutama dari kecil ke menengah karena sulit beradaptasi untuk menguasai informasi teknologi. Sehingga tidak bisa mengadopsi peluang-peluang. Nah, di GIW inilah mereka diberi wawasan knowledge dan keterampilan. Sehingga nantinya mereka bukan lagi menjadi para pencari kerja, tapi para pencipta lapangan kerja,” ungkap Zabadi  Sabtu (13/2) dilansir Indopos .

Dalam kegiatan tersebut peserta yang umumnya pelajar dan mahasiswamendapatkan keterampilan dan pengetahuan di bidang wirausaha. Tampil sejumlah pengusaha dibidang industri kreatif musik yang melibatkan anak-anak muda kreatif, mini exhibition yang menampilkan produk-produk UKM yang sudah ada di GIW.

“Di sini ada produk bagus dan unggulan yang bisa dilihat langsung, ada alat produksinya, ada sarana kelasnya, dan material produknya. Sehingga bisa langsung praktik dan belajar. Ini menjadi bagian dari kuliah kewirausahaan yang satu semester. Mereka belar di sini sebanyak 3-4 kali, untuk selanjutnya balik ke kampus. Jadi sama dengan belajar di kampus mereka. Soalnya kalau teori itu normatif, tapi di sini semua produk-produk ada dan potensi buyer ketemu. Sehingga ini memberi inspirasi dan motivasi untuk mereka berusaha kelak,”papar Ahmad.

Kegiatan Smesco Sound Project ini dinilai sebagai media para generasi muda mengenal lebih dekat produk-produk KUKM yang dipromosikan di GIW. “Event ini akan menumbuhkan semangat berwirausaha bagi generasi muda melalui industri kreatif musik atau yang disebut sebagai musicpreneur. GIW yang berada merupakan tempat untuk pengembangan pasar bagi produk-produk UKM sekaligus tempat untuk pengembangan produk-produk melalui proses kurasi serta sarana pembelajaran melalui berbagai kegiatan workshop dan pelatihan,” kata Ahmad.

 

STEVY WIDIA

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY