Siswa MI Raih 4 Medali Di Kompetisi IYRC Korea Selatan

Roghid Putra Sidik (kiri) dan Syahrozad Zalfa Nadia (10) juara International Youth Robotic Competition (IYRC). (Foto: Istimewa/Youngsters.id)

YOUNGSTERS.id - Siswi kelas 5 Madrasah Ibtidaiyah (MI/SD) Syahrozad Zalfa Nadia (10) mengharumkan nama Indonesia dengan berhasil membawa pulang 4 medali di International Youth Robot Competition ( IYRC), ajang kompetisi robot Inernasional yang berlangsung di Daejon, Korea Selatan.

Gadis cilik dari Madrasah Pembangunan UIN Jakarta itu meraih tiga medali emas untuk Coding Mission, Exelent Award Steam Mission, Exelent Award Creatif Design A, dan satu medali perunggu Creatif Design B.

Penanggung Jawab Klub Robotik Madrasah Pembangunan UIN Jakarta Himmatul Laily Waisnaini yang juga mendampingi selama lomba berlangsung, mengatakan Syahrozad alias Ocha mampu menyelesaikan tantangan yang diberikan dalam waktu yang sangat cepat. Ocha bisa menyelesaikan track coding mission dalam waktu yang singkat. “Hanya butuh waktu sepuluh detik,” katanya, dilansir Kemenag.goid Senin (15/8/2016).

Selain Ocha, tim robotic senior Madrasah Pembangunan yang digawangi Azka Hafizh juga menyabet medali perak dalam kategori Coding Mission. Sedangkan dalam kategori grup, tim robotic Madrasah Pembangunan UIN Jakarta memperoleh medali perunggu dan Exelent Award dalam kategori robot kreatif.

“Tema yang diusung dalam robot kreatif adalah Mesin Cap Batik Otomatis,” papar alumni Pondok Pesantren Paiton Probolinggo ini.

Tim Mesin Batik otomatis ini terdiri atas Ocha (MI/SD), Azka Hafizh (MTs/SMP), dan Andi Faiz Naufal Zain (MTs/SMP). Oleh dewan juri, mereka dinilai mampu bekerja secara tim dan menunjukkan kekompakan. “Kerja Tim kreatif sangat kompak, memadukan unsur nilai budaya bangsa dan teknologi robot,” imbuh Laily.

Sebelumnya, Ocha dan adiknya Roghid Putra Sidik (6) berhasil meraih medali emas di kompetisi robot yang bernama Al-Amin Robotic Challenge, Asian Robotic Championship (ARC) 2016 yang diadakan di Malaysia akhir Juli 2016 lalu.

Selain itu kakak beradik ini juga menorehkan prestasi pada ajang International Youth Robotic Competition (IYRC) zona Indonesia yang diselenggarakan 5 Juni lalu di Jakarta, dan Asian Youth Robotic Olympiad (AYRO) 2016 yang digelar di Singapura.

STEVY WIDIA

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY