SISTECH Gelar Prolog 2016, Untuk Bangun Minat Siswa Akan TI

Para Pemenang Prolog 2016. (Foto: Istimewa/Youngsters.id)

YOUNGSTERS.id - SISTech (School of Information System and Technology) Universitas Pelita Harapan (UPH) menggelar kompetisi Prolog atau programming dan logika yang dikhususkan bagi pelajar SMA. Ajang ini untuk membangun minat pada bidang teknologi informasi (TI) dikalangan pelajar.

“Minat siswa SMA cukup bagus terhadap kompetisi ini. Bahkan merupakan ajang yang bergengsi. Meskipun pelajaran ilmu komputer tidak masuk dalam kurikulum sekolah, ada beberapa sekolah yang membeikan konten ini dalam bentuk pelajaran tambahan atau membentuk klub bagi siswa yang menyukai bidang TI. Tidak heran bila kegiatan di bidang TI tetap menarik bagi siswa SMA,” jelas Arnold Wibowo, Ketua Panitia Prolog 2016 dalam siaran pers baru-baru ini.

Kali ini 105 peserta dari 30 sekolah yang berpartisipasi dalam kompetisi PROLOG. Diantarnya Sekolah Dian Harapan (15 peserta), SMA Negeri 1 Depok (10 peserta), dan SMAN 8 Tangerang (8 peserta).
Lomba ini terdiri dari pertanyaan-pertanyaan mengenai logika misalnya dalam bentuk urutan angka, pola gambar, penalaran dan lainnya, sedangkan pertanyaan yang berhubungan dengan pemrograman meliputi aspek-aspek strategi penyelesaian masalah dalam bentuk program komputer.

Lomba yang digelar sejak 26 Oktober 2016, dan final 1 November 2016 dinilai oleh tim juri. Mereka di antaranya: Dr Ir Samuel Lukas (Ketua Tim Juri), Dr Benny Hardjono, Arnold Aribowo ST MT (Ketua Jurusan Sistem Komputer SISTech UPH), Louis Khrisna Putera Suryapranata SKom. MTI, Frans Panduwinata Skom MT, Dion Krisnadi S Inf SSI MTI. dan Robertus Hudi S Inf.

Pemenang Prolog 2016 adalah Daniel Alfred Widjaja (kelas 12 SMAK Penabur Gading Serpong). Sedangkan juara 2 diraih Fidella Widjaja (Kelas 10 SMAK 1 Jakarta) dan juara 3 oleh Kezia Sulami (Kelas 11 IPEKA Sunter). Mereka memperoleh hadiah berupa uang tunai, piala, serta beasiswa SISTech UPH sebesar 50 %. Sedangkan untuk peringkat 4-10, mendapatkan hadiah uang tunai dan beasiswa SISTech UPH 25 %. Dan ranking 11-20 mendapat potongan uang pangkal studi di SISTech UPH.

STEVY WIDIA

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY