Sensus Ekonomi akan Bidik Bisnis Online

Bisnis online menjadi tren dikalangan anak-anak muda (Foto : Ilustrasi/Youngsters.id)

YOUNGSTERS.id - Petugas sensus ekonomi akan membidik dan mendata usaha online atau jaringan melalui internet dalam pendataan ekonomi pada 1-31 Mei 2016.

“Hal ini karena bisnis melalui internet saat ini sangat menjanjikan sehingga perlu didata,” kata Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Sumatera Selatan Yos Rusdiansyah dilansir Antara, Selasa (19/4/2016).

Menurut dia, sekarang ini, belanja melalui internet cukup marak dan kemungkinan itu juga terdapat di Sumsel.

“Bukan itu saja, tetapi hampir setiap hari kalangan remaja belanja melalui jaringan jadi bisa saja bisnis tersebut dimiliki warga Sumsel,” ujar dia.

Dia mengatakan sensus ekonomi ini memang untuk mendata jumlah pengusaha baik skala besar dan kecil termasuk industri rumah tangga. Pendataan itu untuk menentukan peluang bisnis pada masa mendatang.

“Selain itu juga untuk melihat dan memberikan peluang tenaga kerja yang ada di daerah-daerah,” ujar dia.

Oleh karena itu sensus ekonomi tersebut harus didukung bersama dan data yang didapat benar-benar akurat.

Dia mengatakan, ada 7.200 orang yang saat ini sedang melaksanakan pelatihan. Petugas sensus ekonomi itu akan bertugas mendata di wilayahnya masing-masing karena merekalah yang lebih mengetahui kondisi tempat usaha ekonomi yang ada.

“Sensus ekonomi ini diharapkan mendapatkan hasil yang akurat karena itu akan dijadikan landasan dalam pembangunan di masa mendatang,” tambah dia.

 

STEVY WIDIA