Sekarang Bisa Buat Post Facebook Dengan Banyak Bahasa

Facebook Rilis Alat Penerjemah Multibahasa. (Foto : ilustrasi/Youngsters.id)

YOUNGSTERS.id - Facebook meluncurkan fitur yang disebut “Multilingual Composer” ini memungkinkan Anda untuk membuat sebuah post dalam satu bahasa lalu memilih satu bahasa lain sehingga post itu akan muncul dalam 2 bahasa.

“Fitur ini tidak hanya akan membantu pengguna yang berbicara bahasa berbeda untuk berkomunikasi dengan lebih baik. Ia juga akan membantu untuk melatih mesin penerjemah kami seiring dengan semakin banyaknya data yang kami kumpulkan dalam bahasa sehari-hari,” tulis Facebook dalam siaran resminya baru-baru ini.

Jika Anda menguasai lebih dari satu bahasa, Anda akan dapat mengubah terjemahan yang diberikan Facebook sebelum Anda mengunggah post dalam dua bahasa Anda.

Untuk menentukan hal ini, Facebook menjelaskan, sistem akan memperhitungkan preferensi bahasa Anda, di mana Anda tinggal dan bahasa yang biasanya Anda gunakan untuk membuat post di Facebook.

Misalnya, Anda membuat sebuah post dalam bahasa Inggris dan mengunggahnya dalam bahasa Spanyol, maka semua teman dan pengikut Anda yang menggunakan Facebook dalam bahasa Spanyol akan melihat versi bahasa Spanyol dari post yang Anda buat.

Menurut The Verge, fitur composer ini sudah dapat digunakan mulai hari ini. Untuk menggunakannya, pertama, Anda harus mengaktifkan fitur Multilingual Post di Settings > Languages > Multilingual Posts. Sebelum ini, Facebook menguji fitur baru ini dengan bantuan para pemilik page bisnis.

Sekitar 5.000 page telah mencoba fitur composer ini dan post mereka berhasil mendapatkan sebanyak 70 juta view setiap harinya. Dari 70 juta view itu, 25 juta di antaranya dilihat dalam bahasa kedua, lapor Facebook. Selain itu, sebanyak 300 juta orang setiap harinya melihat post dengan terjemahan otomatis dari Facebook.

Data yang dikumpulkan dari fitur composer ini akan digunakan untuk melatih sistem pemprosesan bahasa Facebook.

Facebook berencana menggunakan pesan multibahasa untuk meningkatkan kemampuan mesin penerjemah dengan tujuan agar suatu hari bisa menghilangkan kendala bahasa di jejaring sosial.Jejaring sosial itu pertama kali membuat alat “pengubah multibahasa” awal tahun ini untuk dipakai pada halaman yang merepresentasikan perusahaan, merek, grup dan selebritas melalui layanan Pages.

STEVY WIDIA