Sebanyak 19 Startup di Malang Melakukan Startup Pitch Day

Sebanyak 19 Startup di Malang Melakukan Startup Pitch Day (Foto: Dok. Bekraf/Youngsters.id)

YOUNGSTERS.id - Setelah Depok, kini gelaran Startup Pitch Day yang diadakan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) menyambangi kota Malang. Sebanyak 19 startup founders di Malang terpilih menjadi peserta Startup Pitch Day. 

Para peserta telah mengalami kurasi oleh Ketua Asosiasi Desainer Grafis Indonesia (ADGI) Malang Ardiansyah dan Koordinator Research & Development Malang Creative Fusion (MCF) A. Hakim.

“Kami telah memilh 19 startup founders dari 68 startup yang apply progam ini. Mereka terpilih karena mereka memiliki business plan serta produk yang jelas,” ucap Vicky Arif, Koordinator MCF.

Sebanyak 19 startup di Malang itu berasal dari 2 sektor ekonomi kreatif yaitu film, animasi dan videografi serta aplikasi dan games. Startup dari Film, Animasi dan Videografi yang lolos kurasi, yaitu Atlantis Pictures, Kelas Film Indonesia, Engon Animation, KJ Production, Mocca Animation School, Allie Studio, Access Pictures dan qalamotion.com.

Atlantis Pictures menawarkan jasa pembuatan video profil, iklan serta beragam event. Kelas Film Indonesia adalah kelompok produksi film. Engon Animation dan Allie Studio ialah studio animasi di Malang. Pembuatan video perusahaan, pengelolaan web content dan media sosial adalah jasa yang ditawarkan oleh KJ Production. Mocca Animation School ialah sekolah dan kursus animasi. Access Pictures adalah production house yang bergerak di bidang videography dan photography. Animasi infografis dan explainer berdurasi pendek tentang Islam disuguhkan oleh qalamotion.com.

Startup dari Aplikasi dan Games yaitu Sambil Kerja (dot) Com, Inon, Kodeku.net, Kiendi, Kwikku.com, Girisa Teknologi, Magesoft, inagata.com – Parenting Control dan Refreshin. Sambil Kerja merupakan website market place pekerjaan part time yang mempermudah akses antara badan usaha yang membutuhkan pekerja part time dengan pencari kerja. Inon merupakan situs penyedia jasa dengan model bisnis C2C (Customer to customer). Kodeku.net menawarkan solusi bagi perusahaan yang membutuhkan web architects.

Kiendi ialah startup IT yang fokus pada internet of thinks yaitu penggabungan elektronika, sotfwaredan web. Kwikku.com adalah social media lokal. Girisa Teknologi merupakan startup pengembang aplikasi. Magesoft ialah Indie Game Developer. Refreshin merupakan wadah masyarakat umum dalam mencari, berbagi dan berjualan hal yang berhubungan dengan refreshing.

Inagata adalah perusahaan jasa dibidang IT. Perusahaan ini menawarkan beberapa jasa, antara lain Mobile dev yaitu pembuatan aplikasi mobile dengan platform Android maupun iOS; Web Dev yaitu pembuatan website profile serta sistem informasi dan sistem terintegrasi; dan Design UI/UX yaitu pembuatan desain UI dan UX untuk mobile ataupun website.

Beberapa produk yang dihasilkan Inagata, antara lain Taqorrubat yaitu aplikasi dengan platform Android berisi doa sehari-hari, manasik haji, tahlil dan istigosah; Parenting Control yaitu aplikasi yang ditujukan kepada orang tua murid dengan fitur presensi, pembayaran, saran & feedback; inFinane yaitu aplikasi pencatatan pendapatan dan pengeluaran.

Mereka bertemu dengan juri sekaligus mentor, yaitu Direktur Akses Non Perbankan Bekraf Sugeng Santoso, Perwakilan Kinara Indonesia Fajar Anugerah & Michael Tampi, Ketua AINAKI Ardian Elkana, CEO wujudkan.com  Mandy Marahimin, Manager MalangTown Square Lippo Group.

“Kami akan memilih 5 startup pilihan dari Malang untuk maju di babak final yang akan diselenggarakan di Bali. Kejelasan pengucapan saat presentasi, kejelasan informasi, bisnis model, profit yang dihasilkan, skala prioritas usaha dan seberapa besar pengembangan bisnisnya serta tim pendiri startup adalah kriteria kami dalam penilaian,” ungkap Sugeng.

 

FAHRUL ANWAR