Scale-Up Clinic Perkuat Lingkungan Wirausaha Indonesia

Mega Scale-Up Clinic akan dihadiri lebih dari 280 entrepreneur. (foto : dok.Endeavour)

YOUNGSTERS.id - Sekitar 600 entrepreneur, pemimpin bisnis, investor dan pelaku usaha di Indonesia dan Asia Tenggara berkumpul pada Kamis, (24/3/2016)  di Hotel Shangrila, Jakarta. Mereka berkonsultasi soal tantangan bisnis dengan para mentor serta membangun network dengan investor dan pemimpin bisnis. Ini menjadi ajang high impact entrepreneur.

“Kami percaya bahwa high impact entrepreneur dapat menciptakan siklus kewirausahaan kondusif, yang secara jangka panjang mampu berkontribusi terhadap pembangunan ekonomi Indonesia yang berkelanjutan. Scale-Up Indonesia hadir sebagai wadah untuk membangun ekosistem kewirausahaan yang lebih kuat dan mendukung lebih banyak lagi high impact entrepreneur,” tutur Harun Hajadi, Endeavor Indonesia Board Chairman.

Harun menjelaskan berdasarkan laporan Organisasi Buruh International (ILO) tahun 2013, Indonesia harus menyediakan lebih dari 17 juta pekerjaan baru dalam kurun waktu 2013-2020. “High-impact entrepreneurship dapat menjadi jawaban untuk masalah ketenagakerjaan ini,” ujar Harun.

Sementara itu, Fajar Hutomo, Deputi Akses Permodalan Badan Ekonomi Kreatif mengatakan Bekraf senantiasa menyambut baik dan mendukung initiatif-initiatif yang bertujuan membantu entrepreneur mengakselerasi usahanya. “Kami yakin program yang membuka akses ke mentorship dan network seperti Scale-Up Indonesia yang diselenggarakan oleh Endeavor ini akan membantu pertumbuhan ekonomi kreatif di Indonesia,” ucapnya.

Mega Scale-Up Clinic akan dihadiri lebih dari 280 entrepreneur dan mentor dari Indonesia dan negara Asia Tenggara lainnya. Melalui sesi one-on-one speed mentoring, para entrepreneur memiliki kesempatan untuk berdiskusi dengan mentor mengenai tantangan dalam meningkatkan skala bisnisnya. Para peserta juga memiliki kesempatan untuk menmbangun network dengan mentor, investor dan sesama entrepreneur yang sama-sama memiliki keinginan kuat untuk belajar, berbagi, dan berkolaborasi.

Mayoritas entrepreneur adalah startup, sementara para mentor merupakan pemimpin bisnis dan entrepreneur berpengalaman, dan profesional di berbagai bidang seperti talent management, fund raising, teknologi, makanan dan minuman, industri kreatif, dan lain sebagainya. Dengan total lebih dari 700 sesi konsultasi dan sekitar 360 jam waktu kumulatif mentoring mencakup 13 topik, Mega Scale-Up Clinic ini dicatatkan ke dalam Museum Rekor Indonesia (MURI) untuk penyelenggaraan Konsultasi dengan Materi Terbanyak pada Satu Lokasi.

Acara bertajuk Scale-Up Click ini diprakarsai Endeavor Indonesia, organisasi yang berfokus pada pembangunan dan penguatan ekosistem kewirausahaan di Indonesia.. Endeavor adalah gerakan kewirausahaan global dengan rekam jejak di lebih dari 25 negara dari Amerika Latin, Timur Tengah, Afrika Utara, Afrika Selatan dan saat ini di Asia Tenggara. Sejak kemunculannya tahun 1997, Endeavor telah menjadi pelopor di bidang high-impact entrepreneurship dan menyeleksi 1.233 high-impact entrepreneurs dari 779 negara.

“Secara keseluruhan, para entrepreneur kami menghasilkan pendapatan sebesar $7,7 Miliar dan telah menciptakan 506 ribu pekerjaan berkualitas tinggi. Di Indonesia, Endeavor telah berusia 4 tahun dan telah menyeleksi lebih dari 2.000 entrepreneur, memilih dan mendukung 22 di antaranya,” papar Sati Rasuanto, Managing Director Endeavor Indonesia.

 

STEVY WIDIA