Sayembara Revolusi Mental Untuk Komikus dan Selebgram

Kemenko PMK gelar sayembara komik dan selebgram bertema Revolusi Mental. Salah satunya bertopik pelayanan publik. (Foto: Ilustrasi/Youngsters.id)

YOUNGSTERS.id - Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) menggelar sayembara khusus buat kamu para komikus dan selebgram. Sayembara ini bertema Revolusi Mental dengan tiga topik pembahasan yakni Gerakan Indonesia Melayani, Gerakan Indonesia Bersih, dan Gerakan Indonesia Tertib.

Menurut keterangan pers Kemenko PMK sayamebar ini Sayembara Komik dan Video ini dibuka untuk umum. Sayembara komik dimulai 15 Oktober hingga 10 November 2016, sedangkan sayembara video di Instagram dimulai 15 Oktober hingga 15 November 2016.

Untuk topik Gerakan Indonesia Melayani, fokus pada meningkatnya kualitas pelayanan publik, diikuti dengan aparatur yang lebih kompeten dan berorientasi melayani; terwujud keterbukaan informasi publik di tiap kantor pemerintahan.

Contohnya, perbaikan sistem administrasi kantor desa/kelurahan atau kantor pelayanan publik lainnya, perbaikan sistem loket pelayanan, sistem pelayanan terpadu, penyediaan keterbukaan informasi dalam prosedur pelayanan masyarakat, pengurusan serta peningkatan penanganan pengaduan masyarakat.

Untuk topik Gerakan Indonesia Bersih menampilkan wujud perilaku hidup bersih dan sehat baik jasmani dan rohani pada semua simpul perubahan. Bersih lingkungan dan bersih dalam penggunaan ruang-ruang publik seperti di lingkungan sekolah, lokasi wisata, tempat ibadah, lingkungan kuliner dan ruang-ruang terbuka publik lainnya.

Contohnya, meningkatnya kebersihan MCK/ toilet umum, membuang sampah pada tempatnya, membangun sistem pemilahan sampah; ketersediaan sarana dan prasarana pengolahan sampah di ruang-ruang publik, melakukan penghijauan; membangun sistem pengolahan / bank sampah, gerakan peduli lingkungan, hemat pemanfaatan sumber daya air, peduli terhadap pencemaran udara dan lingkungan lainnya.

Sedang topik Gerakan Indonesia Tertib, mengedepankan perilaku hidup tertib terutama di ruang publik mengacuke pada asas ketertiban umum. Contohnya, bagaimana membangun kedisiplinan dalam antrian penggunaan pelayanan publik (kantor pemerintahan, sarana transportasi, pasar dan ruang publik); ketertiban berlalu lintas, aksi anti kekerasan; aksi anti-narkoba; penggunaan sarana antri; turut meningkatkan kerukunan antar kelompok masyarakat.

Untuk peserta di Instagram, dizinkan untuk membuat lebih dari satu video. Tiap video yang diposting harap menggunakan tanda pagar #videorevolusimental2016. Sementara peserta komik boleh mengirimkan satu karya asli untuk dinilai para juri. Untuk mendapatkan kesempatan menang yang lebih besar ada dua unsur yang harus peserta perhatikan.

Penilaian meliputi unsur teknik yaitu konsep cerita, originalitas/kreativitas, dan visualisasi. Kedua, unsur tema meliputi kesesuaian tema dengan nilai-nilai “Gerakan Nasional Revolusi Mental”, memiliki pesan yang kuat, dan karakter tokohnya.

Keterangan lebih lanjut ada pada http://sayembara.revolusimental.go.id.

FAHRUL ANWAR

NO COMMENTS

Leave a Reply